Cara Mengontrol Diri agar Tetap Bahagia

Ada kalanya, kita ingin hidup bahagia, dan ada kalanya kita down dalam artian tidak bahagia. Kawan cantik harus tetap bisa mengontrol diri, agar bisa bahagia tanpa bersedih berlarut-larut. Dari tantangan kehidupan yang ada, jangan sampai mematahkan semangat untuk bahagia. 

Kita paham, bahwa pada akhirnya teori bukanlah segalanya, dan tidak akan mempan sampai diri sendiri, yakin dan sadar untuk bahagia. Jadi, ada kalanya rehat itu perlu, tapi jangan berlarut-larut. Dalam hidup, kita punya beban dan tanggung jawab masing-masing, tinggal cara penyesuaiannya bagaimana.

1. Tersenyum atau Perbanyak Tawa

Walaupun terlihat gila, senyum-senyum sendiri, tetapi dari situ sedikit melegakan jiwa. Tidak harus menunggu bahagia untuk tersenyum, tetapi cobalah senyum walaupun di masa-masa kesulitan, dan rasakan sensasinya. Lama-lama, senyuman kita bisa melegakan semuanya. 

2. Rutin Berolahraga

Rutin berolahraga menjadi pasti, karena bisa menghilangkan stres, dan lain sebagainya. Adanya tubuh yang fit, kita tidak gampang mendapatkan penyakit, dan kita gerak cepat, setidaknya sedikit teralihkan dengan beban masalah yang ada. Jangan lupa, diseimbangkan juga dengan pola makan sehat. 

3. Tidur yang Cukup

Disini, bukan tidur yang berlebihan, tetapi cukup. Karena dengan cukup, energi kita akan terkembalikan. Jika berlebihan, juga tidak baik untuk tubuh, dan malah menambah penyakit maupun pusing. Jadi hati-hati, harus tahu jam tidur berdasarkan usia, agar tidak salah kaprah. 

4. Konsumsi Makanan yang Sehat

Lankutan dari no. 2, kita harus merubah ke pola makanan yang sehat. Karena dari sini, tubuh akan tertunjang, dan membantu kita dalam berpola pikir jernih dan sehat, jadi kita gampang senyum maupun bahagia. Pilih makanan dengan kaya akan nutrisi. Jangan lupa, minumnya juga. 

Artikel Terkait  Budidaya Kelinci Mahal yang Menjanjikan, Gunakan Pinjaman KTA!

5. Berikan Pujian kepada Orang Lain

cara mengontrol diri agar tetap bahagia

Ternyata, memberikan pujian atau membantu orang lain, mampu membuat kita tersenyum, walaupun lewat orang lain. Selain mereka bahagia, atau terbantu dengan perilaku kita, kita otomatis juga ikut bahagia. Suasana hati, sedikit baik dari perbuatan tersebut. Tidak berpikir aneh-aneh. 

6. Jangan Larut dalam Kesendirian

Ternyata, lebih mengerikan jika kita suka kesendirian dalam bersedih. Karena ada kalanya, kita harus bicara dengan orang yang kita percaya, atau benda yang dirasa bisa melegakan hatimu. Dari sini, kamu tidak mudah overthinking, dan bisa bahagia walaupun lewat hiburan orang lain. 

7. Tidak Bergantung pada HP dan Media Sosial

Ternyata, media sosial maupun HP malah menjadi penyumbang stres paling banyak, jika kita tidak membatasi dalam hal pemakaian. Dampak buruk penggunaan HP yang berlebihan, adalah kita mudah marah, kurang bersosialiasi, dan lain sebagainya. Hati-hati ketergantungan bahagia dari situ!

8. Menciptakan Self Care dalam Diri

Maksudnya adalah kita harus mencintai diri sendiri, dengan tahu kapasitas diri, dan sangat memperhatikan kesehatan diri, baik jiwa maupun mental. Self care bisa dengan berdamai pada masa lalu, mencintai diri sendiri (kekurangan kelebihan), semakin memperhatikan diri, dan lain sebagainya.

9. Suka Menolong

Ternyata, kita melakukan kebaikan kepada orang lain, membuat kita bisa merasa lega dan ikut bahagia, karena bisa membuat senyum orang lain. Daripada kita berdiam diri saja, meratapi kesedihan kita secara sendiri, malahan membuat kita berpikir negatif-negatif. Jangan sampai, merugikan diri sendiri!

10. Mensyukuri Hal-Hal yang Sederhana

Dari hal-hal yang sederhana, kita bersyukur, bahwa dari situlah kebahagiaan kita bisa bermula, atau muncul. Karena bahagia, bisa didapat tidak hanya pada yang super-super mewah, malahan kebanyakan berasal dari hal sederhana yang kita syukuri. 

Artikel Terkait  Hal-hal yang dirasa, itu Salah Menurut Cewek dan Mereka Tidak Suka!

Itulah, 10 cara dalam mengontrol diri, agar terus bahagia!

Tinggalkan komentar