5 Tips Naik Pesawat untuk Mudik jadi Lebih Nyaman

Periode libur lebaran banyak dimanfaatkan untuk pulang ke kampung halaman atau umum disebut dengan mudik. Mudik merupakan momen bertemu dengan orang tua atau sanak keluarga di kampung halaman, setelah satu tahun bekerja di tempat lain. Nah, mungkin kamu juga sudah tidak asing lagi dengan kegiatan mudik ini. Untuk pulang ke kampung halaman, ada banyak pilihan moda transportasi yang bisa dipilih.

Mulai dari jalur darat seperti membawa kendaraan pribadi, atau menggunakan bus dan kereta, lalu jalur laut dengan menggunakan kapal, hingga memanfaatkan pesawat terbang jika ingin menghemat waktu tempuh dan mudik lebih nyaman. Nah, buat kamu yang ingin mudik, kamu bisa booking tiket mudik dengan mudah dan juga cepat di Traveloka! Ada banyak pilihan maskapai dan juga bandara tujuan yang bisa kawan cantik sesuaikan ya!

Jika kamu berencana mudik tahun ini, simak dulu 5 tips berikut ini agar perjalanan mudik ke kampung halaman kamu jadi lebih nyaman!

5 Tips Mudik Naik Pesawat

Beli Tiket Mudik

Tips yang pertama adalah membeli tiket pesawat untuk berangkat mudik. Ingat, mudik mulai terjadi saat memasuki periode libur lebaran. Otomatis, jika kamu baru memesan tiket pesawat di periode tersebut, akan jadi hal yang challenging, lho! Alasannya, kamu akan berebut dengan pemudik lain untuk membeli tiket pesawat termurah. Kamu ga hanya rebutan dengan satu atau dua orang, bisa sampai puluhan orang!

Selain bersaing dengan pemudik lainnya, kamu juga akan bersaing dengan calon penumpang yang ingin memanfaatkan momen libur ini untuk liburan. Sehingga, agar kamu bisa mendapatkan tiket mudik dengan harga yang ramah kantong, setidaknya kamu bisa memesan 2 minggu sebelum lebaran. Jadi, harga tiket belum terlalu naik dan kamu tidak begitu kerepotan untuk membandingkan harga tiket dari satu maskapai dengan maskapai lainnya.

Artikel Terkait  Outfit Celana, yang bisa dipakai Cewek saat Jalan-jalan

Pilih Maskapai

Jika dilihat dari bentuknya, memang semua pesawat terlihat sama saja. Namun, yang membedakan adalah fasilitas serta servis yang diberikan. Sebenarnya, kamu sudah bisa mengetahuinya kok dari harga tiket yang ditawarkan. Harga tiket yang lebih tinggi tentu memberikan fasilitas yang lebih lengkap, meski sama-sama nyaman dan juga aman.

Secara garis besar, maskapai terjadi menjadi dua jenis, yaitu maskapai Low Cost Carrier (LCC) dan maskapai Full Service Airline (FSA). Maskapai LCC merupakan maskapai penerbangan bertarif rendah. Maskapai ini biasanya menawarkan tiket dengan harga yang terjangkau. Harga yang terjangkau itu berasal dari pengurangan beberapa fasilitas penerbangan yang ditawarkan. Beberapa contoh maskapai LCC di Indonesia adalah Lion Air dan juga Citilink.

Sedangkan untuk maskapai FSA, adalah maskapai dengan fasilitas penerbangan yang lebih lengkap. Karena lebih lengkap, kamu perlu membayar tiket dengan harga yang lebih tinggi. Beberapa fasilitas yang akan kamu dapatkan adalah kamu akan mendapatkan makan (catering) dan fasilitas in flight entertainment yang berupa layar untuk menonton film atau mendengarkan musik. Walaupun kedua jenis maskapai ini sama-sama nyaman, kamu tinggal pilih deh yang sesuai dengan keinginan kamu!

Bawa Barang Secukupnya

Setelah urusan tiket dan maskapai sudah selesai, lanjut packing barang, yuk! Untuk barang yang kamu bawa, perlu diperhatikan untuk membawa barang secukupnya saja, ya. Hal ini bertujuan untuk membuat kamu tidak perlu repot membawa banyak barang masuk ke dalam kabin.

Kawan cantik bisa membawa beberapa helai baju, pakaian dalam, celana, dan juga satu alas kaki di satu koper atau tas saja. Jangan lupa, pisahkan barang berharga seperti kamera atau perhiasan dari barang-barang yang akan kamu masukkan ke dalam koper. Walaupun kelihatannya lebih aman, namun ada banyak lho laporan kehilangan barang berharga yang disimpan di dalam koper.

Artikel Terkait  La Li Sa Farmer's Village, Tempat Liburan Seru Bersama Keluarga

Dengan begitu, sebaiknya bawa masuk barang berharga kamu ke dalam kabin, ya! Jangan lupa pilih bahan yang nyaman untuk dipakai agar kawan cantik lebih menikmati proses perjalanan mudik nantinya. Siapa tahu kan bisa foto2 cantik ala outfit airport yang memorable.

outfit hijab airport mudik lebaran

Lalu, jika kamu sudah berkeluarga dan punya anak, kamu bisa meminimalisir barang bawaan dengan membawa dua tas ransel dan satu koper. Koper tersebut berisikan pakaian kamu dan pasangan serta anak. Lalu untuk perlengkapan anak, bisa kamu letakkan di ransel. Dengan begitu, kamu bisa menjaga anak tanpa perlu takut fokusnya terpecah dengan barang bawaan, deh.

Datang Lebih Awal

Tips selanjutnya adalah mengenai jam otw kamu ke bandara. Ini perlu dipertimbangkan lho, apalagi jika kamu berasal dari kota besar. Pertimbangkan titik-titik yang sering terjadi macet agar dapat memperkirakan jam berangkat ke bandara dan sampai tepat waktu, agar terhindar dari kemungkinan telat naik pesawat.

Agar lebih aman, kamu bisa datang lebih awal ke bandara, seperti 2 jam sebelum jadwal keberangkatan. Menunggu di bandara jauh lebih aman dibandingkan menunggu di rumah, kan?

Perhatikan Detail Penerbangan Kamu

tips outfit airport untuk naik pesawat saat mudik lebaran

Setelah kamu membeli tiket pesawat secara online seperti melalui Traveloka, kamu bisa lihat detail penerbangan kamu, mulai dari jadwal keberangkatan, pintu keberangkatan hingga nomor kursi kamu di pesawat. Nah, perhatikan dengan teliti detail penerbangan itu ya agar kamu tidak salah masuk pintu keberangkatan ataupun salah nomor kursi saat di pesawat. Agar tidak bingung, kamu bisa meminta bantuan awak kabin untuk menunjukkan kursi kamu.

Demikian 5 tips mudik naik pesawat yang bisa kamu perhatikan sebelum berangkat mudik ke kampung halaman. Mudik dengan mudah dan aman dengan booking tiket mudik naik pesawat di Traveloka. Ada banyak pilihan maskapai dan jadwal keberangkatan yang bisa kamu sesuaikan.


Ingin produk/website Anda kami ulas? Silahkan klik tombol dibawah ini


Tinggalkan komentar