Tips Memilih Sport Bra

Sport bra merupakan jenis bra yang didesain berdasarkan aktivitas olahraga. Beberapa orang menggunakan sport bra untuk olahraga maupun aktivitas sehari-hari.

Desainnya berfokus untuk meminimalisir pergerakan payudara saat berolahraga. Sedangkan bahannya yang mampu menyerap keringat dengan baik. Jika ingin menggunakannya, berikut ini tips memilih sport bra yang bisa Anda ikuti:

Update Ukuran Bra

Langkah awal yang perlu dilakukan saat akan membeli sport bra adalah update ukuran bra yang sesuai. Mungkin Anda sudah mengetahui ukuran bra biasanya, namun Anda perlu update agar ukurannya bisa pas. Tanda jika ukuran bra cocok untuk Anda yaitu tidak bisa menarik under band dari dada lebih dari 5 cm, cup memenuhi semua bagian payudara, dan tidak bisa menarik strap dari bahu lebih dari 5 cm. Apabila bra memenuhi kriteria tersebut, maka ukurannya pas untuk Anda.

Sesuaikan dengan Olahraga yang Akan Dilakukan

Tips selanjutnya yang harus Anda lakukan adalah menyesuaikan model sport bra dengan olahraga yang akan dilakukan. Inilah tips menyesuaikannya:

  • Sport bra jenis high impact

Jenis bra satu ini paling cocok untuk aktivitas-aktivitas olahraga yang melibatkan gerakan melompat. Contohnya yaitu bela diri, latihan bodyweight, dan juga lari.

  • Spot bra jenis medium impact

Jenis bra satu ini pada payudara kecil sangat bagus digunakan untuk bersepeda, gym circuit, angkat beban, dan hiking. Sedangkan pada payudara medium atau besar bisa memilih yang memiliki bantalan dengan strap lebih lebar.

  • Sport bra jenis low impact

Jenis sport bra terakhir yaitu yang low impact. Jenis bra satu ini paling cocok digunakan untuk olahraga yang berhubungan dengan kelenturan misalnya pilates. Selain itu, sport bra jenis low impact juga cocok digunakan untuk yoga.

Artikel Terkait  Tips Memilih Sepatu Olahraga Terbaik

Pilih Bahan yang Nyaman

Ada banyak sekali bahan atau material yang digunakan untuk membuat sport bra. Oleh sebab itu, pemilihan bahan menjadi hal penting yang harus diperhatikan. Pastikan bahan yang Anda pilih mampu menyerap keringat dengan baik agar tidak ada bruntusan di kulit akibat keringat.

Bahan yang direkomendasikan untuk sport bra yaitu yang memiliki label breathable, moisture wicking, dan ventilation. Jenis bahan tersebut mencegah penyumbatan pori-pori dan mengurangi jerawat di kulit tubuh.

Coba Beli Satu Bra Terlebih Dahulu

Apakah Anda tipe orang yang suka membeli bra dalam jumlah banyak? Jika Anda belum cocok dengan bra tersebut sebaiknya jangan membeli langsung banyak. Coba beli satu bra terlebih dahulu lalu rasakan secara langsung. Anda bisa mengetahui kualitas bra dengan melompat di ruang fitting, lihat apakah payudara bergerak berlebihan atau tidak.

Selain melompat, Anda juga harus mencoba tarik napas dalam-dalam. Ketika bra menjadi terlalu sempit setelah menarik napas dalam-dalam, maka Anda harus mencari ukuran yang lebih besar. Memakai bra terlalu ketat membuat otot dan tulang dada terdesak sehingga menjadi sulit bernapas.

Bagian Depan Lebih Tinggi dari Bagian Belakang

tips memilih sport bra

Under band bagian belakang bra tidak boleh lebih tinggi dari bagian depan. Pasalnya jika under band bagian belakang lebih tinggi, maka bra tersebut tidak terlalu nyaman saat dipakai. Biasanya bra terlalu besar sehingga tidak bisa menopang payudara dengan baik. Karena hal tersebut, pastikan bagian depan lebih tinggi dibandingkan bagian belakangnya saat dipakai.

Pilih Kunci Bra yang Nyaman

Setidaknya ada tiga kunci bra yang bisa Anda pilih. Pemilihan kunci bra ini tergantung dari kenyamanan masing-masing orang. Adapun pilihannya yaitu:

  • Tanpa kunci atau pullover

Jenis kunci bra yang pertama adalah tanpa kunci atau yang lebih dikenal dengan istilah pullover. Karena tanpa kunci atau pengait, Anda harus memakainya dengan cara masuk dari bagian bawah, seperti ketika sedang menggunakan kaos. Payudara akan benar-benar tertahan dengan baik karena tidak ada jalan keluar.

  • Kait besi di belakang

Jenis kunci bra yang paling populer adalah kait besi di belakang. Jika Anda memiliki ukuran payudara lebih besar, jenis kunci ini direkomendasikan. Pasalnya karet bra di bagian bawah menawarkan support sehingga bra semakin nyaman digunakan.

  • Resleting depan

Jenis kunci bra satu ini termasuk jenis kunci bra terbaru. Karena resleting berada di depan, Anda bisa dengan mudah melepaskan atau memakai bra. Pastikan ukuran bra sesuai karena jika terlalu kecil resletingnya akan mudah terbuka.

Artikel Terkait  Jenis Riasan Pengantin yang Perlu Dicoba! Siapa Tahu ada yang Cocok!

Itulah tips memilih sport bra yang bisa Anda lakukan. Mempertimbangkan hal-hal di atas membantu Anda mendapatkan sport bra yang nyaman. Semoga bermanfaat untuk Anda yang suka olahraga.


Ingin produk/website Anda kami ulas? Silahkan klik tombol dibawah ini


Tinggalkan komentar