Peran Penting Pencatatan Keuangan untuk Bisnis Online

Bisnis online telah menjadi bagian yang tak terpisahkan dari kehidupan masyarakat modern di era digital saat ini ya cantik. Bisnis online memberikan kemudahan dan fleksibilitas bagi para pelaku bisnis dalam mengembangkan usaha mereka, bahkan tanpa harus memiliki toko fisik.

Meski begitu, banyak kawan cantik yang memiliki online shop baik di marketplace maupun di social media seringkali dianggap sebagai bisnis yang lebih mudah dan simpel dalam hal administrasi keuangan dibanding membuka bisnis secara offline. Padahal, pentingnya pencatatan keuangan melalui aplikasi kasir yang baik dan teratur misalnya, dalam sebuah bisnis baik offline maupun online tidak boleh dipandang sebelah mata.

Misalnya untuk kawan cantik yang membuka online shop di social media, atau memanfaatkan jejaring pesan instan seperti whatsapp dan telegram, pencatatan keuangan bisnis online seringkali dianggap sepele dan kurang diperhatikan. Padahal, bisnis online memiliki karakteristik transaksi yang dilakukan secara elektronik dan dapat terjadi dalam skala yang besar dan kompleks. Oleh karena itu, penting bagi bisnis online untuk melakukan pencatatan keuangan yang baik dan teratur agar dapat memantau keuangan bisnis dengan lebih efektif dan meminimalisir kesalahan dalam pengelolaan keuangan.

Pencatatan transaksi penjualan online yang akurat dan terorganisir sangat penting untuk memastikan keberhasilan bisnis kawan cantik. Salah satu solusi untuk memudahkan pencatatan transaksi keuangan bisnis online adalah dengan menggunakan aplikasi point of sale (POS). Aplikasi POS dapat membantu pengguna dalam mengelola stok barang, melakukan transaksi penjualan, dan mencatat keuangan dengan lebih mudah dan cepat.

Kondisi Pencatatan Keuangan Bisnis Online Saat Ini

aplikasi pencatatan keuangan bisnis online iReap POS

Meskipun pentingnya pencatatan transaksi keuangan dalam bisnis online, banyak para penjual online yang tidak melakukan pencatatan secara teratur. Beberapa alasan yang sering dikemukakan oleh para penjual online adalah kesulitan dalam mengelola catatan keuangan, tidak memiliki waktu yang cukup, atau merasa bahwa bisnis mereka masih kecil sehingga tidak perlu melakukan pencatatan secara detail.

Artikel Terkait  VivoBook Pro 14X Laptop yang Cocok untuk Wanita Karir dan Konten Kreator

Mereka juga kesulitan mengintegrasikan data penjualan dari berbagai channel yang mereka miliki, untuk e-commerce mungkin tidak terlalu masalah karena data transaksi akan terekam oleh sistem, namun tidak demikian dengan para pelaku olshop yang menggunakan media sosial untuk memasarkan produknya, tidak ada aplikasi kasir yang mereka gunakan untuk mencatat penjualan sekalipun.

Para pelaku UMKM baik offline dan online ini sering enggan melakukan pencatatan transaksi, padahal banyak banget manfaat disiplin dalam melakukan pencatatan transaksi keuangan. Bukan hanya sekedar untuk menghitung HPP, keuntungan, strategi bisnis tetapi juga diperlukan saat kawan cantik membutuhkan tambahan modal dari pihak ketiga.

Yup salah satu yang menjadi pertimbangan pengajuan penambahan modal di perbankan maupun lembaga lain adalah rekap laporan keuangan. Nah, ini kerap menjadi hambatan pelaku usaha kecil untuk bisa mengakses permodalan.

Keunggulan iReap POS untuk Membantu Administrasi Online Shop

Kawan cantik tidak perlu khawatir lagi, karena saat ini sudah ada aplikasi kasir yang bisa ngebantu kalian memanajemen toko online kalian, mulai dari transaksi hingga manajemen stok. iReap POS adalah sebuah aplikasi point of sale (POS) atau kasir digital yang dirancang untuk memudahkan pengguna dalam mengelola bisnis mereka. Aplikasi iReap POS dapat digunakan pada perangkat mobile seperti smartphone atau tablet dengan sistem operasi Android.

Aplikasi kasir satu ini dilengkapi dengan fitur-fitur yang dapat membantu pengguna dalam mengelola stok barang, melakukan transaksi penjualan, dan melakukan pencatatan keuangan dengan mudah dan cepat.

Mengapa Cantika merekomendasikan aplikasi kasir toko ini? Yuk simak

Integrasi Hardware dan Dukungan Digital Payment

Aplikasi kasir iReap POS dapat diintegrasikan dengan berbagai macam perangkat keras, seperti printer, scanner barcode, dan perangkat pembayaran non-tunai, sehingga kawan cantik dapat menggunakannya dengan berbagai jenis bisnis. Fitur unggulan yang dimiliki aplikasi point of sale ini dapat dengan mudah memindai kode barcode produk, menambahkan diskon, mengatur pajak, dan melakukan pembayaran melalui berbagai metode pembayaran, seperti tunai, kartu kredit, atau dompet digital.

Artikel Terkait  Cara Merawat Diri dengan Baik. Simak Penjelasannya Ladies!

Dapat Digunakan Secara Offline

keunggulan aplikasi point of sale iReap POS

Kawan cantik tinggal di daerah yang sulit mendapatkan sinyal? Tidak perlu khawatir, iReap POS dapat digunakan secara offline, sehingga pengguna tidak perlu khawatir kehilangan data transaksi jika koneksi internet terputus. Data akan kembali disinkronkan setelah koneksi didapatkan kembali pada versi Pro, sementara untuk versi Lite bisa digunakan secara gratis tanpa perlu terkoneksi ke internet.

Manajemen Stok Terintegrasi

iReap POS dilengkapi dengan fitur manajemen stok barang yang memudahkan pengguna dalam mengelola stok barang dan meminimalkan kekurangan atau penumpukan stok. Kalian dapat memantau ketersediaan stok barang, mengelola pemesanan barang, hal ini memudahkan pengguna dalam mengatur stok barang dengan lebih efisien, sehingga dapat menghindarkan dari kerugian akibat kekurangan stok barang atau penumpukan stok barang yang tidak terjual.

Fitur Pembayaran Terintegrasi dan Real Time

Aplikasi kasir iReap POS memiliki fitur pencatatan keuangan yang terintegrasi, memungkinkan mengelola penjualan berbasis digital payment, kartu kredit maupun tunai dan tentunya memudahkan kamu mengecek laporan penjualan dan pembayaran secara real-time, laporan penjualan harian, bulanan, hingga tahunan.

Manajemen Pelanggan

iReap POS dilengkapi dengan fitur manajemen pelanggan yang memungkinkan kita sebagai pemilik toko online untuk melacak riwayat pembelian dan memperoleh data pelanggan yang berguna untuk pengembangan bisnis ke depannya. Kawan cantik bisa memberikan rewards, diskon khusus untuk pelanggan setia kita.

Menu Sederhana dan Mudah Dipahami

Apps kasir toko satu ini memiliki menu yang sederhana dan mudah dipahami, sehingga pengguna dapat menggunakannya dengan cepat dan mudah. Semua fitur ini menjadikan iReap POS sebagai solusi POS yang fleksibel, terintegrasi, dan mudah digunakan untuk berbagai jenis bisnis.

Perbedaan iReap Lite dan iReap Pro

Sebagai informasi, iReap POS sendiri memiliki dua versi, yaitu iReap Lite dan iReap Pro. Perbedaan utama antara iReap Lite dan iReap Pro terletak pada fitur dan harga. iReap Lite merupakan versi yang lebih sederhana dan terjangkau, dengan fitur-fitur dasar seperti manajemen stok barang, pencatatan penjualan, dan laporan keuangan dasar.

Artikel Terkait  Apa yang harus dilakukan jika Cewek sedang Marah?

aplikasi kasir iReap POS

Sedangkan iReap Pro memiliki fitur yang lebih lengkap dan canggih, seperti manajemen pelanggan, manajemen karyawan, manajemen stok barang yang lebih detil. Secara harga, iReap Lite bisa didapatkan secara gratis karena iReap Lite ditujukan untuk bisnis kecil dan menengah dengan kebutuhan manajemen yang sederhana seperti kawan cantik yang baru merintis bisnisnya.

Sedangkan iReap Pro ditujukan untuk kawan cantik yang bisnisnya sudah berkembang menjadi lebih besar dan kompleks dengan kebutuhan manajemen yang lebih canggih. Meski demikian, harganya pun terjangkau kok. hanya Rp. 41.667 per bulan untuk durasi langganan setahun.

Untuk pencatatan keuangan bisnis online sendiri, Cantika lebih merekomendasi menggunakan iReap POS versi Pro


Ingin produk/website Anda kami ulas? Silahkan klik tombol dibawah ini


30 pemikiran pada “Peran Penting Pencatatan Keuangan untuk Bisnis Online”

  1. Aplikasi kasir iReap POS ini sangat memudahkan pelaku usaha terutama yang buka toko di e-commerce ya. Selain itu buat seller yang tinggal di daerah susah sinyal aplikasi kasir ini dapat digunakan secara offline ya, keren.

    Balas
  2. Aku banget ini 🙁 Jualan online masih skala kecil mungil imur menggemaskan, jadi ngerasa nggak perlu nyatet-nyatet. Mau insaf ah sekarang, mau coba pakai iReap juga.

    Balas
  3. Enaknya iReap ini bisa menerima pembayaran dr jenis pembayaran apapun ya kak. Jadi kita ga perlu menyediakan satu2 jenis pembayaran sesuai yg dimiliki konsumen. Cukup satu kanal di iReap ini, semua jenis pembayaran konsumen bisa dilakukan. Mantap.

    Balas
  4. Saya pernah ikut seminar seputar cara agar bisnis sukses, Mbak. Nah, ternyata salahs atu kunciya adalah bagian keuangan. Segala apapun pemasukan dan pegeluaran, perlu dicatat. terus, jangan mencampur adukkan antara dana bisnis dan dana pribadi.
    Makanya sekarang dimudahkan urusan pencatatan keuangan dengan hadirnya aplikasi keuangan ya, Mbak.

    Balas
  5. Pilihan dari iReap ini memudahkan untuk pelaku bisnis memiliki pencatatan dan laporan keuangan yang rapi. Sangat terbantu pastinya

    Balas
  6. Kalau langganan iReap POS sebulan gak sampai 50ribu termasuk murah ya kak dan aplikasi ini memudahkan banget untuk UMKM, agar bisnisnya lancar dan berkembang.

    Keren juga bisa dipakai saat offline.

    Balas
  7. Aplikasi kasir iReap POS jadi suatu kebutuhan bagi pelaku usaha ya, agar pembukuan keuangan jadi lebih teratur dan kl keuangan tertata dengan rapi, jadi lebih fokus untuk inovasi produknya ya.

    Balas
  8. Aplikasi iReaps ini pastinya angat bermanfaat bagi orang-orang yang sedang mmebuka usaha termasuk UMKM apalagi yang masih pemula, sehingga laporan keuangannya tercatat dengan sangat baik

    Balas
  9. Dengan menggunakan iReap POS maka akan sangat Membantu Administrasi Online Shop yang dimiliki dan gak perlu pusing dalam pengaturan keuangan atau stok barang karena semuanya sudah tersedia di iReap POS.

    Apakah langganan iReap POS pro saat ini sedang promo Rp. 41.667 per bulan untuk durasi langganan setahun?

    Balas
  10. Menarik ya aplikasi kasir online iReap POS ini. Fitur-fiturnya membantu banget untuk yang lagi mengembangkan bisnisnya biar selalu bisa mencatat keuangan bisnis. Setuju sih, bisnis online ataupun offline juga penting untuk selalu mencatat keuangan biar bisa tau gimana perkembangan bisnisnya dari waktu ke waktu.

    Balas

Tinggalkan komentar