Yuk, Buat Lampu dari Limbah Sendok Plastik!

Untuk para pemuda yang kreatif, atau ingin berbisnis, bisa membuat lampu dari limbah plastik. Sekarang, tidak jarang yang memakai barang bekas untuk membuat karya kerajinan tangan. Tetapi, bagi anak kos, langkah ini mudah dan irit, murah karena tidak harus mengeluarkan uang banyak.

Bagi yang ingin kamarnya ada lampu unik, bisa memakai ini. Terdapat beberapa cara yang bisa dicoba dalam membuat lampu dari limbah plastik. Salah satunya, menggunakan sendok plastik bekas. Sehingga, dari sini kita juga menjaga bumi dari yang namanya pencemaran lingkungan.

Cara Membuat Lampu Hias Sederhana

Bahan:

  1. Sendok makan plastik bekas dengan jumlah banyak. Boleh warna warni.
  2. Cutter atau silet. Bisa gunting.
  3. Botol plastik besar/toples plastik.
  4. Lem tembak.
  5. Lampu dan sangkarnya.
  6. Kabel listrik dan colokannya.

Cara Buat:

  1. Ambil sendok plastik, kemudian potong gagangnya secara sempurna. Gunakan cutter atau silet, jika susah, maka bisa menggunakan gunting. Sisakan gagangnya sedikit dari gagang sendok plastik, untuk pegangan. Ambillah botol plastik yang besar, dan belah menjadi dua.
  2. Ukuran tersebut, sesuaikan ukuran yang kamu kehendaki. Bagian atas, dari plastik, bisa kamu buang atau bisa dipakai sebagai variasi. Untuk yang baru belajar, bagian atas dibuang saja.
  3. Ambil lem tembak, kemudian tembakkan ke sendok yang disediakan. Tempel sendok, secara perlahan, ke botol bekas (yang sudah dibelah). Lem secara keliling, mulai dari bawah hingga botol plastik tertutupi dengan sendok secara sempurna.
  4. Ambil kabel, dan masukkan dari bawah, botol plastik tadi dengan perlahan-lahan. Sambungkan colokan dan sangkar lampu setelah proses itu. Untuk panjang kabel, sesuaikan dengan jarak lampu yang dibutuhkan.
  5. Jika sudah dirakit, masukkan bohlam lampu dan tempatkan di ruangan yang diinginkan. Kemudian, lampu pun menyala dengan indah.
Artikel Terkait  Gamis Polos Simpel dan Modis. Pilihan Ibu-ibu dan Remaja!

Tips dalam Membuat Lampu Bohlam

Berikut, adalah beberapa tips dalam membuat lampu hias dari sendok plastik yang lebih menarik dan unik pastinya, diantaranya:

  1. Gunakan sendok plastik, dengan berbagai warna agar menarik dan efeknya sangat pas seperti lampu hias.
  2. Buat berbagai bentuk sendok plastik, seperti bunga atau kupu-kupu, hal ini untuk membuat lampu hias yang lebih unik.
  3. Tambahkan berbagai dekorasi lainnya, misal glitter atau kertas berwarna, untuk membuat lebih menarik.
  4. Gunakan lampu LED, agar lebih hemat dan ramah lingkungan.

Ketahui Kelebihan Lampu Hias dari Sendok Plastik

Ketahui, terdapat kelebihan dalam menggunakan lampu hias dari sendok plastik, diantaranya:

  1. Mudah didapat, dalam hal bahan-bahan pembuatan karya ini, dan harga terjangkau. Hal ini, dianggap ekonomis, tetapi terlihat masih bagus. Seperti produk dekorasi lainnya.
  2. Mudah dibuat, dalam artian proses pembuatan lampu yang relatif mudah dan sederhana. Sampai yang belum punya pengalaman atau masih pemula dalam membuat ini, langsung bisa.
  3. Bersifat fleksibel, maksudnya adalah karya ini bisa dibuat dalam berbagai bentuk dan ukuran. Kita, dapat mengubah bentuk sendok, sesuai dengan selera dan kebutuhan.
  4. Produk ramah lingkungan, jadi dengan menggunakan sendok plastik, maka kita sudah mengurangi polusi yang ada. Ramah lingkungan pasti, karena mengurangi limbah yang ada.

Kekurangan dari Lampu Hias dari Sendok Plastik

Kekurangan dari sendok plastik, diantaranya:

  1. Kurang tahan lama, karena dari bahan bekas yang tidak awet. Jika digunakan secara intensif, maka otomatis akan cepat melakukan penggantian atau buat lagi.
  2. Kurang elegan. Jadi, tidak semua bentuk sendok plastik, cocok untuk dekorasi elegan, atau formal. Lebih cocok, digunakan untuk dekorasi secara non-formal atau santai (pribadi).
  3. Kualitas cahaya kurang baik, dimana lampu hias dari sendok plastik cenderung menghasilkan cahaya yang kurang cerah daripada bahan yang lebih berkualitas
Artikel Terkait  Cara Menghilangkan Benjolan dengan Bawang Putih

Inilah, cara membuat lampu dari limbah sendok plastik.

Tinggalkan komentar