8 Tips Membangkitkan Semangat Anak Kembali ke Sekolah Setelah Liburan Panjang

Setelah melewati waktu liburan sekolah, sebentar lagi anak-anak akan kembali mulai masuk sekolah. Pada saat liburan sekolah, tak jarang anak-anak menghabiskan waktu liburnya dengan bersantai bahkan hingga bangun siang.

Kita kembali masuk sekolah tentunya kebiasaan tersebut harus berubah kembali. Anak-anak harus kembali bangun pagi dan menjalani rutinitas sekolah setiap harinya. Untuk itu, orang tua sebaiknya juga mendukung untuk membangkitkan kembali semangatnya untuk kembali ke sekolah.

Tips membangkitkan semangat anak kembali ke sekolah

Jika sang anak kurang bersemangat untuk kembali ke sekolah, sebagai orang tua sebaiknya turut membantu membangkitkan semangat anak untuk kembali ke sekolah. Untuk itu, simak tips membangkitkan semangat anak kembali ke sekolah berikut ini.

1. Membicarakan tentang teman sekolah anak

Untuk membangkitkan semangat anak kembali ke sekolah, mulailah dengan membicarakan  tentang teman sekolahnya. Dengan begitu anak akan mulai bersemangat untuk kembali ke sekolah karena akan bertemu dengan teman-temannya.

2. Membicarakan tentang guru dan pelajaran favorit di sekolah

Selain membicarakan temannya, membahas mengenai guru dan pelajaran favorit juga bisa membantu membangkitkan semangat anak kembali ke sekolah. Karena tak jarang siswa yang cukup dekat dengan gurunya. Dengan membicarakan pelajaran favorit sang anak, bisa membuatnya bersemangat untuk kembali belajar.

3. Melibatkan anak saat mempersiapkan perlengkapan sekolah

Sebelum sekolah dimulai, orang tua bisa melibatkan anak untuk mempersiapkan perlengkapan sekolahnya. Satu hari atau dua hari sebelum masuk sekolah sebaiknya orang tua sudah mempersiapkan seragam sekolah dan perlengkapan lainnya. Untuk mempersiapkan perlengkapan sekolah tersebut seperti buku, sepatu, dan alat tulis akan lebih baik jika melibatkan sang anak.

Artikel Terkait  Tips Memilih Sekolah Taman Kanak-kanak untuk Ibu Milenial

4. Biasakan untuk tidur dan bangun lebih awal

Beberapa hari sebelum masuk sekolah, biasakan anak untuk tidur lebih awal dan bangun pagi hari. Hal ini untuk membangun rutinitas yang sesuai dengan keadaan sebelum liburan. Karena tak jarang ketika liburan, anak bangun lebih siang. Agar tidak harus bangun pagi karena harus berangkat sekolah, maka sebaiknya biasakan untuk tidur lebih awal dan bangun pagi hari beberapa hari sebelum masuk sekolah.

5. Membelikan perlengkapan sekolah baru

Apabila perlengkapan sekolah anak sudah rusak, maka membelikannya perlengkapan sekolah baru akan membuat anak merasa senang dan ingin sesegera mungkin menggunakannya. Dengan begitu ia akan bersemangat untuk kembali ke sekolah.

6. Memberikan motivasi

Untuk lebih menambah semangat anak kembali ke sekolah, berilah motivasi kepadanya. Berilah motivasi bahwa sekolah itu menyenangkan. Bisa juga dengan mengingatkan kembali pengalamannya saat bertemu dengan teman-temannya di sekolah.

7. Antar jemput anak

Momen hari pertama masuk sekolah akan lebih menyenangkan jika diantar jemput oleh orang tuanya. Karena hal tersebut bisa memberikan rasa  aman dan nyaman. Selain itu dengan antar jemput anak ke sekolah akan memberikan dukungan emosional kepadanya.

8. Datang ke sekolah lebih awal

Agar anak bersemangat untuk kembali ke sekolah, sebaiknya datang ke sekolah lebih awal. Karena biasanya pada awal masuk sekolah jalanan menjadi padat bahkan hingga macet. Untuk menghindari anak terlambat masuk sekolah, maka sebaiknya berangkat ke sekolah lebih awal. Jangan sampai anak menjadi tidak mau masuk sekolah karena terlambat sampai di sekolah.

Selain itu jika datang ke sekolah lebih awal, anak bisa bertemu dan bermain bersama temannya terlebih dahulu sebelum pelajaran dimulai.Itulah beberapa tips membangkitkan semangat anak kembali ke sekolah yang bisa Anda terapkan. Dengan bersemangat kembali ke sekolah, harapannya anak anak lebih mudah menerima materi yang guru berikan. ***


Ingin produk/website Anda kami ulas? Silahkan klik tombol dibawah ini


Tinggalkan komentar