Ide Liburan Akhir Tahun Keluarga

Memasuki akhir tahun, banyak keluarga yang mulai memikirkan dan merencanakan untuk liburan bersama. Momen akhir tahun memang menjadi momen terbaik untuk menghabiskan waktu bersama keluarga tercinta. Liburan panjang dimulai dari Hari Natal sampai dengan Tahun Baru. Artinya ada banyak sekali ide liburan akhir tahun keluarga yang bisa dipertimbangkan dengan waktu sepanjang itu.

Apakah kamu juga sedang memikirkan rencana liburan akhir tahun bersama keluarga? Berikut ini ada beberapa ide liburan yang bisa kamu pertimbangkan:

Ide Liburan Akhir Tahun Keluarga
Freepik.com

Staycation

Staycation merupakan istilah yang sedang tren akhir-akhir ini di kalangan traveler dan pencinta liburan. Secara bahasa, staycation berarti liburan di sebuah hotel. Namun kebanyakan orang mengartikan staycation adalah menetap di sebuah tempat selama beberapa hari untuk liburan.

Tidak hanya di hotel saja, kamu bisa menyewa vila atau rumah sewa untuk satu keluarga. Banyak aktivitas seru dan menyenangkan yang bisa kamu dan keluarga lakukan. Kelebihan staycation yaitu membangun bonding dan menciptakan quality time bersama keluarga.

Hiking

Liburan akhir tahun tidak harus dalam jangka waktu yang panjang. Jika kamu tidak memiliki banyak waktu libur karena ada hal yang harus segera diurus, hiking menjadi salah satu ide liburan yang bisa dipertimbangkan.

Hiking biasanya bisa dilakukan dalam satu hari saja, kamu tinggal memilih rute perjalanan yang tidak terlalu jauh. Banyak kelebihan hiking seperti melepas penat, menyehatkan tubuh, dan melihat pemandangan indah. Namun aktivitas ini cukup berat jika dilakukan bersama anak-anak.

Safari Adventure

Jika ingin mengajak anak-anak untuk liburan, ide lainnya yang bisa kamu pertimbangkan adalah safari adventure. Petualangan melihat berbagai macam satwa yang hidup di alam ini pasti sangat menyenangkan bagi Si Kecil.

Artikel Terkait  Pasangan Posesif. Bagaimana Cara Mengatasinya?

Safari adventure bisa dilakukan sehari saja dengan mengelilingi kebun binatang. Kamu bisa sambil memperkenalkan binatang-binatang secara langsung pada anak. Tidak hanya menyenangkan, safari adventure juga memberikan banyak pengetahuan pada anak.

Wisata Sejarah dan Budaya

Selain safari adventure yang dilakukan untuk memperkenalkan satwa pada anak, kamu juga bisa mengajak mereka wisata sejarah dan budaya. Wisata sejarah dilakukan dengan mengunjungi museum, monumen, serta candi.

Sementara wisata budaya bisa dilakukan dengan mengajak mereka ke pusat pengrajin tenun, batik, porselin, dan lain sebagainya. Perkenalkan cerita dari setiap lokasi yang dikunjungi. Tidak hanya menambah pengetahuan, wisata sejarah dan budaya juga menambah kreativitas anak.

Road Trip

Road trip merupakan perjalanan wisata lokal yang disukai traveler karena penuh tantangan. Biasanya traveler akan melakukan trip menggunakan kendaraan pribadi. Karena perjalanannya panjang dan tantangannya besar, mobil yang digunakan harus yang memiliki performa tinggi.

Jangan sampai mobil rusak ketika berada di tengah jalan. Selama perjalanan, kamu dan keluarga bisa mampir untuk menikmati kuliner di kota yang disinggahi. Akan tetapi ide liburan ini kurang cocok jika ingin mengajak anak-anak.

Bermain di Taman Hiburan

Taman hiburan adalah destinasi wisata yang paling disukai oleh anak-anak maupun orang dewasa. Bermain di taman hiburan juga menjadi alternatif pilihan untuk kamu yang memiliki waktu liburan terbatas di akhir tahun.

Sekarang hampir semua kota besar di Indonesia sudah menawarkan taman hiburan masing-masing. Ada banyak sekali wahana seru hingga menguji adrenaline yang bisa kamu dan keluarga coba. Jangan lupa untuk mencicipi kulinernya setelah lelah bermain wahana seru.

Wisata Kuliner

Liburan akhir tahun tidak hanya jalan-jalan ke tempat wisata saja. Kamu yang gemar makan bisa berwisata kuliner bersama keluarga. Menjajal kuliner saat jalan-jalan memang memiliki sensasi tersendiri. Ada banyak sekali tempat yang menawarkan makanan lezat sesuai selera kamu dan keluarga.

Artikel Terkait  Jalannya Perempuan itu Kemana Saja?

Beberapa contoh makanan yang bisa kamu dan keluarga coba adalah street food, seafood, camilan, dan lain sebagainya. Kunjungi tempat-tempat tersebut di malam hari agar suasananya semakin nyaman.

Camping

Ide liburan akhir tahun keluarga yang terakhir adalah camping. Hampir sama seperti staycation, camping juga menjadi sarana untuk membangun bonding dan menciptakan quality time bersama keluarga.

Ada banyak tempat camping yang dibuka di malam tahun baru, kamu bisa memilih salah satunya. Jika tidak sempat, camping di halaman rumah pun tetap menyenangkan. Siapkan BBQ dan kembang api agar suasana tahun baru semakin terasa.

Itulah ide liburan akhir tahun keluarga yang bisa kamu pertimbangkan. Ajak serta anggota keluarga untuk berdiskusi menentukan tujuan liburan terbaik. Semoga ide-ide yang diberikan di atas membantumu dan keluarga menemukan tempat liburan yang tepat.


Ingin produk/website Anda kami ulas? Silahkan klik tombol dibawah ini


Tinggalkan komentar