Cara Membedakan Jenis Kulit

Cara Membedakan Jenis Kulit – Sebagian besar wanita sudah paham bahwa pemilihan skincare harus disesuaikan dengan jenis kulit. Hal tersebut lantaran formulasi kandungan produk skincare dibuat berdasarkan jenis kulit tertentu. Jika skincare yang dipilih tidak cocok dengan jenis kulit Anda, maka masalah kulit wajah tidak akan teratasi. Bahkan tidak sedikit juga yang malah semakin parah.

Jenis kulit wajah sendiri ada lima yaitu kulit normal, kering, berminyak, kombinasi, dan sensitif. Bagi Anda yang masih kebingungan memilih skincare karena tidak mengetahui jenis kulit sendiri, berikut beberapa cara yang bisa dilakukan:

Memperhatikan Tekstur Kulit

Cara pertama yang bisa dilakukan untuk mengetahui jenis kulit yaitu dengan memperhatikan tekstur kulit. Apabila kulit Anda terasa kenyal dan lembut, maka jenis kulit yang dimiliki adalah kulit normal. Anda yang memiliki kulit normal patut bersyukur karena hampir semua skincare cocok untuk digunakan.

perbedaan jenis kulit wajah

Jika belum bisa membedakan mana kulit kenyal dan lembut, cobalah untuk mencuci muka di pagi hari. Setelah itu tepuk-tepuk menggunakan handuk sampai kering. Diamkan kulit seharian tanpa menggunakan skincare apapun.

Selanjutnya lihat hasilnya berikut ini:

  • Kulit normal: lembut, tidak kering, tidak berminyak, dan tidak terasa iritasi.
  • Kulit berminyak: terasa lengket dan tampak bersinar.
  • Kulit kering: terasa kencang, mengelupas, dan kasar saat disentuh.
  • Kulit kombinasi: berminyak di t-zone (dahi, dagu, dan hidung) namun kering di area pipi dan lainnya.
  • Kulit sensitif: kemerahan, gatal, dan meradang.

Memperhatikan Kulit Setelah Mencuci Muka

Cara kedua ini mirip dengan cara sebelumnya, akan tetapi lebih singkat saja. Pasalnya Anda tidak perlu menunggu aktivitas seharian untuk mencari tahu hasilnya. Cuci muka di pagi hari seperti biasanya, lalu keringkan menggunakan handuk dengan cara ditepuk-tepuk. Diamkan selama kurang lebih 30 menit, ingat jangan menggunakan skincare apapun.

Artikel Terkait  Tips Memilih Masker Malam Sebelum Tidur

Langsung lihat hasilnya seperti pada poin sebelumnya. Beberapa orang terkadang belum menemukan hasil setelah melakukan cara ini sehingga membutuhkan cara lainnya. Namun jika cara ini sudah berhasil, Anda tidak perlu melakukan cara lainnya.

Menggunakan Kertas Minyak

cara membedakan tipe kulit wajah

Kertas minyak yang digunakan ini adalah kertas minyak wajah. Kertas minyak wajah sendiri adalah produk kecantikan yang digunakan oleh para wanita untuk mengangkat minyak berlebih di kulit wajah. Anda bisa memanfaatkan kertas minyak untuk mengetahui jenis kulit wajah.

Langkah-langkah penerapannya yaitu cuci muka terlebih dahulu. Lalu diamkan selama kurang lebih 3 jam, jangan menggunakan produk skincare apapun. Tempelkan kertas minyak wajah ke kulit wajah, lalu diamkan beberapa menit saja.

Berikut ini adalah hasilnya:

  • Kulit normal: tidak ada minyak pada kertas minyak.
  • Kulit berminyak: ditemukan minyak di kertas minyak.
  • Kulit kering: kertas minyak tidak bisa menempel di kulit wajah.
  • Kulit kombinasi: ditemukan minyak di hidung, dahi, dan dagu.

Sayangnya cara ini tidak bisa digunakan untuk mengetahui jenis kulit sensitif.

Menggunakan Tisu

Jika tidak punya kertas minyak, Anda bisa menggunakan tisu sebagai alternatifnya. Caranya sama saja, Anda hanya tinggal mencuci muka kemudian mengeringkannya dengan handuk. Diamkan kulit tanpa menggunakan skincare ataupun makeup selama kurang lebih satu jam. Ambil selembar tisu lalu tekan pada wajah. Periksa jenis kulit Anda seperti pada poin sebelumnya. Cara ini juga tidak bisa digunakan untuk mengecek jenis kulit sensitif.

Mencubit Kulit

Membedakan jenis kulit sebenarnya cukup mudah dilakukan, bahkan Anda tidak perlu menggunakan alat tambahan. Cara selanjutnya ini tidak kalah mudah dibandingkan cara-cara sebelumnya. Anda bisa mencubit kulit untuk memeriksa tingkat kekenyalan kulit. Cobalah cubit kulit wajah lalu perhatikan hasilnya berikut ini:

  • Kulit kering: kulit tidak kembali seperti semula setelah Anda cubit. Kulit tidak cepat kembali karena kekurangan minyak alami. Sedangkan minyak alami tersebut berperan untuk menjaga kulit tetap kenyal.
  • Kulit normal dan berminyak: kulit kembali seperti semua dengan cepat. Pasalnya minyak alami pada kulit normal dan berminyak membuat kulit tetap kenyal.
Artikel Terkait  Cara Membuat Wajah Glowing Alami Yang Perlu Anda Coba!

Namun cara ini terbilang tidak akurat, banyak wanita yang sulit membedakan jenis kulit hanya dengan mencubitnya saja. Selain itu, mencubit kulit juga tidak bisa membedakan antara kulit normal dan berminyak, kulit sensitif, maupun kulit kombinasi.

Itulah beberapa cara membedakan jenis kulit yang bisa Anda lakukan. Gabungkan beberapa cara di atas agar semakin yakin tentang jenis kulit Anda. Jika sudah mengetahui jenis kulit, maka Anda akan semakin mudah untuk melakukan perawatan. Semoga apa yang dibahas di atas bisa bermanfaat untuk Anda yang kesulitan mengetahui jenis kulit wajah.


Ingin produk/website Anda kami ulas? Silahkan klik tombol dibawah ini


Tinggalkan komentar