7 Cara Ampuh Mengusir Tungau di Kasur dengan Bahan Alami

Kasur merupakan tempat yang paling nyaman untuk beristirahat. Namun tak jarang meskipun terlihat bersih, kasur sebenarnya merupakan tempat favorit tungau untuk berkembang biak. Agar tidak menimbulkan masalah kesehatan seperti alergi, iritasi kulit, dan gangguan pernapasan, simak cara ampuh mengusir tungau di kasur berikut.

Tungau sendiri merupakan makhluk mikroskopis atau hewan kecil sejenis kutu. Karena ukurannya yang sangat kecil, membuat tungau sangat sulit terlihat. Hewan ini senang berada di kasur lantaran di tempat tersebut mereka bisa mendapatkan makanan berupa sel kulit mati manusia atau sisa-sisa materi organik lainnya.

Keberadaannya yang bisa menyebabkan masalah kesehatan, membuat banyak orang melakukan berbagai cara untuk mengusir hewan kecil tersebut. Selain menggunakan bahan kimia, ternyata untuk mengusir tungau juga bisa menggunakan bahan alami yang aman bagi kesehatan.

Cara ampuh mengusir tungau di kasur

Simak cara ampuh mengusir tungau di kasur dengan bahan alami berikut ini, agar kasur Anda terbebas dari tungau yang mengganggu.

1. Larutan garam

Selain menambahkan cita rasa pada masakan, ternyata garam juga bisa berguna untuk mengusir tungau di kasur. Caranya pun cukup mudah, Anda hanya perlu menyiapkan larutan garam yang telah dimasukkan ke dalam botol semprot. Kemudian, semprotkan larutan air garam ke sarang-sarang tungau di area tempat tidur atau kasur.

2. Minyak kayu putih

Aroma menyengat pada minyak kayu putih tidak disukai oleh tungau. Oleh karena itu Anda bisa menggunakan beberapa tetes minyak kayu putih dengan air untuk mengusir tungau di kasur dengan menyemprotkannya ke bagian-bagian kasur.

3. Cuka putih

Cuka putih memiliki sifat antimikroba dan antijamur alami. Anda bisa mengusir tungau dengan menyemprotkan campuran cuka putih dan air ke seluruh permukaan kasur. Sebelum membersihkannya dengan kain bersih, biarkan terlebih dahulu selama beberapa saat.

Artikel Terkait  Aneka Outfit Pilihan dari Instagram Luxe id

4. Kulit jeruk

Selain buahnya yang segar dan kaya akan vitamin C, ternyata kulit jeruk juga bisa bermanfaat untuk mengusir tungau di kasur. Caranya adalah dengan mengeringkan kulit jeruk tersebut di bawah sinar matahari. Kemudian haluskan kulit jeruk yang telah kering hingga menjadi serbuk. Setelah itu taburkan serbuk kulit jeruk ini ke seluruh kasur Anda dan biarkan semalaman dan bersihkan debu keesokan harinya.

5. Baking soda

Bahan dapur lainnya yang bisa mengusir tungau di kasur adalah baking soda. Baking soda merupakan pembersih alami yang efektif untuk mengusir tungau. Anda bisa menaburkan baking soda ke seluruh permukaan kasur dan biarkan selama semalam. Pada pagi harinya, gunakan penyedot debu untuk menghilangkan baking soda beserta tungau yang menempel.

6. Daun kemangi

Anda bisa mengusir tungau di kasur menggunakan daun kemangi dengan cara menumbuk daun kemangi tersebut hingga halus. Kemudian taburkan pada permukaan kasur dan diamkan selama beberapa jam. Setelah itu bersihkan dengan menggunakan penyedot debu.

7. Lavender

Untuk mengusir tungau di kasur dengan lavender, terdapat dua cara yang bisa Anda lakukan. Pertama, kamu bisa menyemprotkan minyak lavender ke bagian kasur yang menjadi sarang tungau. Kemudian yang kedua, Anda cukup membungkus ke dalam kain bunga lavender yang telah dikeringkan. Letakkan kain yang berisi bunga lavender tersebut di kasur.

Dengan melakukan beberapa cara ampuh mengusir tungau di kasur dengan bahan alami di atas, kasur Anda bisa terbebas dari tungau yang mengganggu. Selain itu pastikan pula kasur selalu dalam keadaan bersih dan rapi. ***


Ingin produk/website Anda kami ulas? Silahkan klik tombol dibawah ini


Tinggalkan komentar