Business Strategy Untuk Tetap Bisa Bersaing Dengan Kompetitor

Persaingan bisnis merupakan hal yang tidak bisa dihindari dalam bisnis, oleh karena itulah bisnis perlu untuk beradaptasi sehingga akhirnya tidak kalah dengan persaingan bisnis. Agar tidak membuat bisnis kalah saing tersebut, tentunya perlu business strategy yang dapat untuk digunakan baik dalam jangka panjang maupun jangka pendek yang dapat untuk membuat bisnis tetap bisa berkompetisi dengan bisnis lainnya.

Menyusun Business Strategy

Strategi persaingan bisnis perlu disusun dengan baik dan tidak boleh sembarangan. Dalam penyusunan strategi tersebut juga tidak jarang perlu untuk mempunyai pendekatan agar bisa menghasilkan strategi bisnis yang dapat untuk mendapatkan keunggulan dengan bisa disukai dan berhasil untuk menarik konsumen. 

Untuk menyusun strategi bisnis tersebut perlu untuk mengembangkan, meningkatkan, serta juga bisa memanfaatkan keunggulan yang dipunyai oleh bisnis sehingga bisa menjadi daya tarik dalam persaingan bisnis.

Persaingan bisnis yang disusun bisa disesuaikan dengan pasar yang dipunyai dan juga kompetitor yang ada di pasaran. Penyusunan business strategy sehingga bisa bersaing nantinya tentunya akan perlu untuk memperhatikan mengenai faktor internal seperti keunggulan produk serta faktor eksternal. 

Tipe Strategi Persaingan Bisnis

Tipe strategi persaingan bisnis yang dipunyai sehingga membuat bisnis tidak kalah dengan kompetitor adalah sebagai berikut ini:

  • Tipe pertama adalah yang unggul dalam masalah biaya. Keunggulan biaya merupakan hal yang penting dan merupakan tipe yang mempunyai tujuan untuk dapat bisa melakukan proses produksi yang menggunakan biaya terendah. Tipe persaingan bisnis yang satu ini akan menekan biaya yang diperlukan sehingga hal tersebut akan membuat hasil produk yang dipunyai bisa diberikan pada konsumen dengan harga yang lebih rendah. Persaingan bisnis ini menggunakan harga sebagai kode tawar untuk konsumen untuk bisa menarik lebih banyak pembeli sehingga bisa memenangkan persaingan bisnis.
  • Tipe selanjutnya adalah persaingan bisnis yang mengandalkan mengenai diferensiasi yang dipunyai. Strategi ini memberikan produk yang tidak hanya berkualitas tetapi juga menawarkan inovasi yang bisa dirasakan oleh konsumen. Pembeli tentunya mencari produk yang beragam dan juga menawarkan inovasi, sehingga bisnis yang menawarkan produk dengan inovasi tersebut akan bisa menarik minat dari pembeli.
  • Tipe yang terakhir adalah persaingan bisnis yang mengandalkan mengenai fokus dan spesialisasi. Tipe ini merupakan persaingan yang fokusnya adalah pada segmen sasaran yang sempit yang perlu untuk memuaskan pelanggan.
Artikel Terkait  Strategi Pintar Mengoptimalkan Layanan Pelanggan di Era Digital

Selain dengan memperhatikan mengenai tipe persaingan bisnis yang bisa terjadi dan menjadi langkah untuk menyusun strategi bisnis.

Lima Poin Penting Analisis Strategi Bisnis

Hal selanjutnya yang perlu diketahui adalah mengenai strategi yang perlu untuk disusun dalam persaingan sehingga bisa untuk memenangkan persaingan tersebut. Lima hal yang perlu untuk diperhatikan dalam persaingan bisnis sehingga bisa membuat bisnis bisa bersaing dengan kompetitor yang dipunyai adalah dengan:

  • Hal pertama yang perlu dikenali dalam persaingan bisnis adalah dengan mengenali situasi bisnis dengan baik. Bisnis bisa melakukan identifikasi dari kekuatan, kelemahan, kesempatan yang dipunyai, serta juga ancaman yang datang. Ketika melakukan identifikasi bisnis dengan teknik SWOT ini perlu dukungan data sehingga bisa mendapatkan hasil yang terbaik.
  • Hal selanjutnya yang bisa dilakukan untuk melakukan persaingan bisnis adalah dengan melakukan riset pasar yang bisa membantu bisnis untuk memahami calon pelanggan dengan lebih baik sehingga bisa menyesuaikan dengan kebutuhannya.
  • Hal lainnya yang bisa dilakukan adalah dengan menekankan mengenai keunggulan produk agar bisa bersaing dengan kompetitor yang juga akan mengedepankan produk yang ditawarkan.
  • Selanjutnya bisa menyusun bisnis dengan baik dengan meningkatkan brand awareness sehingga bisnis bisa dikenal dan bisa mendapatkan pelanggan dari kesadaran konsumen yang terbentuk untuk memilih produk yang ditawarkan.
  • Langkah terakhir adalah bisa memperbanyak mitra dengan bisnis lainnya dengan melakukan kolaborasi dan menjalin kerjasama.

Di atas merupakan berbagi hal yang perlu diperhatikan dalam penyusunan business strategy sehingga bisa bersaing dengan kompetitor. Persaingan bisnis merupakan hal yang juga mempengaruhi untuk keputusan yang diambil dalam bisnis baik dari segi masalah pemberian harga, layanan yang perlu semakin ditingkatkan, dan juga berbagai hal lainnya. 

Artikel Terkait  OOTD Hari Pertama Kerja

Pelajari mengenai cara penyusunan strategi bisnis yang baik ini dengan mengikuti pelatihan di Prasmul-ELI dengan menghubungi kontak +62 811 1991 1168 untuk pendaftaran dan mendapatkan informasi lainnya.


Ingin produk/website Anda kami ulas? Silahkan klik tombol dibawah ini


Tinggalkan komentar