Tips Merawat Rambut Pria

Memiliki rambut yang identik pendek tidak membuat pria terbebas dari berbagai masalah rambut. Mereka juga masih sering mengalami masalah seperti rambut rontok, ketombe, rambut menipis, rambut berminyak, bahkan hingga kebotakan. Pria membutuhkan perawatan untuk menjaga rambutnya dari masalah-masalah di atas. Berikut ini sederet tips merawat rambut pria yang bisa diikuti:

Tips Merawat Rambut Pria

Sumber : Freepik

Jangan Keramas Setiap Hari

Aktivitas pria yang padat membuat mereka sering merasa gerah. Oleh sebab itu tidak jarang pria keramas setiap hari agar rambutnya kembali bersih. Padahal kenyataannya keramas setiap hari tidak dianjurkan.

Kandungan bahan kimia di dalam sambo mampu menurunkan kelembapan alami. Akibatnya rambut menjadi sangat kering dan mudah rusak. Para ahli menyarankan keramas setiap 2-3 hari sekali.

Pilih Sampo yang Tepat

Tidak sedikit pria yang asal-asalan memilih sampo. Asalkan sampo tersebut wangi dan dari merk terkenal, maka mereka akan membelinya. Jika ingin merawat rambut, sebaiknya jangan sembarangan memilih sampo.

Sama seperti skincare, sampo ternyata diformulasi berdasarkan jenis rambut seperti rambut berminyak, kering, atau normal. Selain itu, sampo juga memiliki manfaat yang spesifik seperti mengatasi ketombe, rambut berminyak, rambut rontok, dan lain-lain. Pastikan memilih sampo khusus pria sesuai kebutuhanmu.

Keringkan Rambut Secara Lembut

Bagaimana caramu mengeringkan rambut? Digosok-gosok atau dikeringkan secara lembut? Ternyata cara mengeringkan rambut juga berpengaruh pada kesehatan rambutmu. Kamu tidak dianjurkan menggosok rambut memakai handuk setelah keramas.

Artikel Terkait  Sanggul Modern Rambut Pendek

Menggosok rambut saat basah berisiko membuat lapisan luar rambut atau kutikula rusak. Jadi rambut pun lebih mudah mengalami masalah. Alih-alih menggosoknya, Kamu bisa mengibaskan rambut untuk menyingkirkan butiran air.

Rutin Memotong Rambut

Kamu dianjurkan untuk memotong rambut secara berkala. Saat memotong rambut, maka rambut rusak pun akan terpotong dan hilang. Setidaknya Kamu harus memotong rambut setiap 3 bulan sekali. Jika Kamu adalah pria berambut gondrong, potong ujungnya saja agar rambut selalu sehat.

Pakai Conditioner

Conditioner tidak hanya dibutuhkan oleh wanita saja, pria juga membutuhkannya agar rambut semakin sehat. Sama seperti sampo, Kamu juga harus mencari conditioner rambut yang tepat. Usahakan memilih conditioner dengan kandungan mineral dan protein.

Kandungan-kandungan tersebut membuat rambut pria lebih sehat dan mudah diatur. Fungsi lain conditioner yaitu menjadi penyeimbang sampo yang biasanya membuat rambut kering.

Gunakan Produk untuk Rambut Secukupnya

Rambut termasuk hal yang sangat penting bagi pria. Biasanya mereka memakai produk-produk tertentu untuk meningkatkan penampilannya. Contohnya yaitu semprotan rambut, gel, pomade, pewarna, dan lain sebagainya.

Produk-produk tersebut biasanya mengandung bahan kimia yang bisa merusak rambut. Oleh sebab itu, Kamu dianjurkan untuk memakainya secukupnya saja. Pakai produk ketika Kamu akan pergi ke luar rumah atau acara penting.

Jangan Memakai Alat Pengering Rambut Bertenaga Panas

Alat pengering rambut atau hair dryer memang sangat memudahkan karena bisa mengeringkan rambut dengan cepat. Namun panas yang dihasilkan dari hair dryer dapat merusak rambut, bahkan berisiko menyebabkan kebotakan.

Oleh sebab itu, usahakan jangan memakai hair dryer untuk mengeringkan rambut. Selain hair dryer, Kamu juga tidak boleh memakai alat bertenaga panas lai seperti pengeriting dan pelurus rambut.

Artikel Terkait  Tips Menentukan Potongan Rambut yang Cocok Sesuai Bentuk Wajah

Jaga Asupan Makanan

Bukan hanya perawatan dari luar saja, kesehatan rambut juga dipengaruhi oleh asupan makanan yang Kamu konsumsi. Berikut ini beberapa makanan bergizi yang mampu membantu menjaga kesehatan rambut:

  • Protein

Asupan protein yang cukup membantu mencegah rambut kusut dan rontok. Selain itu, protein juga membuat akar rambut lebih kuat. Sumber protein yang bisa Kamu konsumsi seperti daging sapi, ikan, ayam, keju, kacang-kacangan, susu, dan telur.

  • Zat besi

Zat besi bermanfaat untuk menyuplai oksigen ke rambut sehingga tumbuh dengan sehat. Sumber zat besi terbaik yang bisa dikonsumsi yaitu daging sapi dan sayuran hijau.

  • Vitamin E

Manfaat vitamin E yaitu melancarkan sirkulasi aliran darah di kulit kepala, mencegah kerontokan rambut, menjaga produksi minyak, dan membuat kulit tidak mudah kering.

  • Vitamin C

Selain vitamin E, Kamu juga membutuhkan asupan vitamin C. Manfaat vitamin C yaitu mencegah kerontokan akibat kulit kering dan pecah-pecah. Sumber vitamin C yaitu timun, bayam, kembang kol, pepaya, nanas, mangga, dan stroberi.

Itulah tips perawatan rambut pria yang bisa Kamu ikuti. Jika menginginkan perawatan lebih, Kamu bisa berkonsultasi dengan ahli. Pasalnya terkadang pria bisa memiliki masalah rambut yang sulit diatasi.


Ingin produk/website Anda kami ulas? Silahkan klik tombol dibawah ini


Tinggalkan komentar