Perlengkapan Mendaki Wanita

Mendaki gunung atau hiking tidak hanya disukai oleh pria saja. Banyak wanita yang juga suka mendaki karena sensasi menyatu dengan alam sulit ditemukan pada aktivitas lainnya. Namun pendaki pria dan pendaki wanita membutuhkan perlengkapan yang berbeda. Pada umumnya, perlengkapan wanita lebih banyak dibandingkan dengan pria. Untuk para wanita yang baru pertama kali mendaki, berikut ini beberapa perlengkapan yang akan dibutuhkan:

Perlengkapan Mendaki Wanita
Freepik.com

Pakaian Mendaki

Ada dua pertanyaan yang membuat wanita bingung menentukan pakaian mendaki yaitu harus bawa apa saja dan berapa banyak. Sebenarnya jumlah pakaian yang dibawa tergantung lamanya pendakian. Umumnya, gunung-gunung di Indonesia sudah bisa didaki dalam waktu 2 hari 1 malam saja.

Jika kawan cantik mendaki dalam waktu tersebut, pakaian yang dibutuhkan tidak terlalu banyak. Adapun yang harus disiapkan yaitu 1 jaket gunung waterproof, 1 jas hujan, 2 kaos bahan katun, 2 celana, 2 set pakaian dalam, 2 kaos kaki, 1 topi, 1 sarung tangan, dan 1 slayer.

Tas Carrier dan Rain Cover

Tas carrier merupakan perlengkapan mendaki berupa tas punggung untuk membawa barang-barang yang kawan cantik butuhkan. Rekomendasi ukuran tas carrier yang nyaman dibawa wanita adalah 40L sampai dengan 60L. Pastikan juga tas tersebut sudah memiliki rain cover, jadi bisa aman meskipun cuaca sedang tidak terlalu bagus. Packing tas dengan benar agar nyaman untuk dibawa dan muat banyak barang.

Sleeping Bag

Dalam satu rombongan biasanya sudah ada yang membawa tenda untuk tempat tidur semua orang. Akan tetapi, kawan cantik tetap membutuhkan sleeping bag. Barang satu ini menjadi selimut yang bisa menghangatkan tubuh saat tidur di dalam tenda. Jadi kawan cantik tidak perlu membawa selimut lagi untuk mendaki.

Rekomendasi sleeping bag yang tepat adalah berbahan polar dengan ukuran yang tidak terlalu besar. Jika kawan cantik tipe orang yang tidak tahan dingin, cari sleeping bag yang bisa tahan sampai suhu minus 5 derajat celcius.

Artikel Terkait  Kebanyakan, Cewek Suka Jalan-jalan. Apa Benar?

Matras

Matras menjadi perlengkapan mendaki wanita selanjutnya yang perlu kawan cantik siapkan. Beberapa pendaki bisa tidur tanpa matras, namun untuk pemula sebaiknya gunakan matras agar tidak terlalu dingin. Saat ini ada banyak sekali matras yang ukurannya kecil dan mudah dibawa.

Sepatu Gunung

Kondisi medan yang ada di gunung tentu saja berbeda dengan jalanan perkotaan. Agar kawan cantik lebih nyaman melewati medan yang sulit, pastikan membawa sepatu gunung yang tepat. Pilih sepatu gunung waterproof agar tidak semakin berat ketika terkena air. Selain itu, sepatu gunung juga harus ringan dan memiliki ceruk tajam agar aman.

Urinoir atau Urinal Wanita

Sebagian besar wanita tidak mau ribet dan repot saat ingin buang air. Jika kawan cantik tipe yang sama, maka kawan cantik membutuhkan urinoir atau urinal wanita. Barang ini akan sangat membantu ketika kawan cantik sulit menemukan tempat buang air yang nyaman. Urinoir dan urinal bisa kawan cantik temukan dengan mudah di online shop.

Sunblock

Dibandingkan dengan pria, wanita umumnya memiliki kulit yang lebih tipis, lembut, dan rentan terhadap paparan sinar UV. Oleh sebab itu, kawan cantik perlu membawa sunblock untuk melindungi kulit dari bahaya sinar matahari. Ukuran sunblock sangat kecil jadi tidak akan membuat tas semakin berat. Pastikan sunblock tersebut memiliki kandungan minimal SPF 30 untuk melindungi kulit dengan baik.

Trekking Pole

Trekking pole merupakan tongkat yang biasa digunakan pendaki. Manfaat trekking pole yaitu membagi beban dari barang bawaan dan tubuh, jadi kaki tidak akan terlalu lelah. Cari trekking pole yang bisa dipanjangkan atau dipendekkan. Jadi ketika tidak membutuhkannya, kawan cantik bisa menyimpannya di tas dengan aman.

Artikel Terkait  4 Rekomendasi Hotel Bintang 4 di Jakarta Selatan Buat Staycation

Logistik dan Obat-obatan

Perlengkapan mendaki wanita terakhir yang perlu kawan cantik siapkan adalah logistik dan obat-obatan. Kawan cantik bisa berdiskusi dengan rombongan, lalu membagi siapa saja yang akan membawa logistik atau obat-obatan. Kawan cantik yang suka ngemil juga boleh membawa cemilan yang disukai. Jangan lupa membawa senter jika kawan cantik mendaki selama 2 hari 1 malam.

Itulah deretan perlengkapan mendaki wanita yang perlu kawan cantik persiapkan. Selain mempersiapkan perlengkapan di atas, kawan cantik juga perlu mempersiapkan fisik dan mental. Pasalnya mendaki gunung bukan hal yang mudah dilakukan oleh pemula. Semoga perjalanan mendaki menyenangkan.

Tinggalkan komentar