Perbedaan Moisturizer dan Pelembab

Ada banyak sekali produk skincare yang biasa digunakan oleh wanita. Contohnya seperti makeup remover, micellar water, facial wash, serum, toner, moisturizer, hingga pelembab. Dari banyaknya produk skincare tersebut, moisturizer dan pelembab merupakan dua produk yang sering membuat bingung. Secara istilah, keduanya memang tampak sama. Namun sebenarnya ada beberapa perbedaan moisturizer dan pelembab. Apa saja perbedaannya? Berikut pembahasan dan rekomendasi produk.

Perbedaan Moisturizer dan Pelembab

Sumber : Pexels

Perbedaan Moisturizer dan Pelembab

Inilah tiga perbedaan antara moisturizer dan pelembab yang harus kawan cantik ketahui:

  • Kandungan atau bahan

Perbedaan pertama bisa kawan cantik lihat melalui ingredients atau komposisi produk di balik kemasan. Moisturizer dan pelembab menggunakan komposisi bahan yang berbeda.

Bahan untuk moisturizer biasanya bersifat humektan. Beberapa contoh kandungannya yaitu hyaluronic acid, glycerin, glycerol, lidah buaya, lactic acid, madu, dan lain-lain.

Sementara kandungan pelembab bersifat emolien yang mampu mengisi celah lapisan sel kulit dan memperbaiki skin barrier. Contoh kandungan pelembab adalah butter, lipid, ceramide, asam lemak, dan minyak.

  • Manfaat

Karena kandungan pada moisturizer dan pelembab berbeda, maka manfaatnya pun menjadi berbeda. Manfaat utama moisturizer yaitu untuk melembabkan dan menghidrasi kulit dengan cara menahan kandungan air di permukaan kulit. Jadi paling cocok dipakai oleh pemilik kulit kering.

Sementara pelembab memiliki manfaat menjaga kelembaban dan mengatasi masalah kulit. Manfaat pelembab hampir sama dengan skin barrier yang melindungi kulit dari pengaruh atau gangguan luar. Pelembab juga memiliki fungsi lain seperti menyamarkan kerutan, mengatasi jerawat, memudarkan noda hitam, dan lain-lain.

  • Tekstur

Pada umumnya, moisturizer memiliki tekstur yang lebih ringan dibandingkan pelembab. Oleh sebab itu, moisturizer mampu menyerap kulit dan langsung memberikan manfaat hidrasi.

  • Waktu pemakaian

Moisturizer yang berfungsi untuk melembabkan kulit bisa digunakan kapan saja. Saat merasa kulit wajah kering, kawan cantik bisa langsung mengaplikasikannya tanpa perlu menunggu jadwal skincare.

Sementara pelembab dipakai pada saat jadwal skincare yaitu pagi dan malam hari. Produk pelembab pagi dan malam juga berbeda. Biasanya pelembab pagi memiliki kandungan PA dan SPF untuk melindungi kulit dari sinar UV.

Artikel Terkait  Franchise Klinik Kecantikan. Seperti Apa Sih?

Rekomendasi Moisturizer dan Pelembab yang Bisa Dipilih

Berikut ini adalah rekomendasi moisturizer dan pelembab yang dapat kawan cantik pilih sesuai jenis kulit:

  • Avoskin New Ultra Brightening Cream

Sesuai nama yang diberikan, produk pelembab dari Avoskin ini memiliki manfaat untuk mencerahkan kulit wajah. kandungan di dalamnya berupa ekstrak chamomile, 3% alpha arbutin, serta 0,5% actinome retinol.

Kawan cantik bisa menggunakan pelembab saat malam hari. Bukan hanya mencerahkan saja, produk juga memiliki manfaat lain seperti mengatasi kulit kusam, menyamarkan noda bekas jerawat, dan meratakan warna kulit.

  • Dear Me Beauty Skin Barrier Water Cream

Jika mencari pelembab dengan formula water-based, kawan cantik bisa memilih produk dari Dear Me Beauty ini. Manfaatnya yaitu menghidrasi kulit, memperkuat skin barrier, serta melawan tanda penuaan di kulit wajah.

Selain itu, ada kandungan antioksidan yang bisa meminimalisir munculnya jerawat. Dear Me Beauty Skin Barrier Water Cream paling cocok untuk pemilik kulit berminyak.

  • Olay Regenerist Whip UV

Rekomendasi produk pelembab selanjutnya adalah Olay Regenerist Whip UV. Hasil yang matte bahkan sampai 8 jam selanjutnya menjadikan produk ini disukai banyak wanita.

Selain itu, teknologi active rush juga membantu menghidrasi kulit sebanyak 1.000 kali. Kandungan SPF 30 dan PA+++ juga memberikan manfaat lebih saat dipakai di pagi hari.

  • Somethinc Skin Saviour Moisturizer Gel

Produk satu ini menjanjikan kulitmu akan selalu lembab, bahkan sampai 18 jam. Bahan-bahan terbaik yang digunakan membantu membuat kulit lembab dan menjaganya sepanjang hari.

Kelebihan lain dari Somethinc Skin Saviour Moisturizer Gel yaitu hypoallergenic sehingga aman untuk kulit sensitif. Kawan cantik bisa memakainya kapanpun saat kulit terasa kering.

  • Citra Fresh Glow Aloe Bright UV

Terakhir rekomendasi moisturizer dari brand Citra yang sudah sangat terkenal. Produk ini menjadi salah satu moisturizer yang bagus serta terjangkau.

Artikel Terkait  Coba 8 Cara Alami Mengatasi Komedo di Wajah Ini, Agar Wajah Bebas dari Komedo

Kandungan di dalamnya bermanfaat untuk membuat kulit lebih lembab. Selain itu, Citra Fresh Glow Aloe Bright UV juga bebas alkohol sehingga aman dari iritasi.

Itulah informasi mengenai perbedaan antara moisturizer dan pelembab. Meskipun tampak sama, namun ternyata ada cukup banyak perbedaan di antara keduanya. Semoga informasi yang diberikan bisa membantumu memilih produk skincare yang tepat.


Ingin produk/website Anda kami ulas? Silahkan klik tombol dibawah ini


Tinggalkan komentar