Masalah Ketombe? Gunakan Bahan Alami Ini!

Ketombe adalah serpihan pada kulit kepala yang berwarna putih atau bisa juga berwarna kekuningan. Serpihan besar ataupun kecil- kecil ini sering berjatuhan pada bahu. Meskipun biasanya kehadiran ketombe tidak membuat masalah cukup serius, Ketombe di kepala dapat mengurangi rasa percaya diri dan menimbulkan rasa gatal. Ketombe/dandruff  merupakan kondisi yang saat umum terjadi, suatu hal yang wajar yang di miliki setiap orang.

Menurut penelitian, 50% orang dewasa di seluruh dunia memiliki ketombe di kepala dalam jangka waktu yang panjang. Kalau pada bayi baru lahir? Apakah sudah memiliki ketombe? dan apakah penanganan yang perlu kawan cantik lakukan?

Jenis ketombe pada bayi, umumnya berbentuk bersisik, biasa disebut dengan cradle cap. Kondisi ini umumnya normal dan akan hilang seiring dengan waktu ketika bayi sudah mulai menginjak usia 1tahun.

Oleh karena itu Kawan cantik tidak perlu khawatir dan risau lagi ya, cradle cap tidak memerlukan perawatan khusus, cukup keramas dipijat dengan lembut menggunakan air hangat saja.

Penyebab dan gejala Ketombe

Penyebab timbulnya ketombe belum diketahui secara pasti karena sifatnya alamiah. Namun, ada beberapa hal yang memicu timbulnya ketombe pada kulit kepala kita.

Pemicu ketombean

  1. Produksi minyak berlebih pada kulit kepala (Kulit kepala mudah berkeringat, sehingga menjadi lembab)
  2. Kurang menjaga kebersihan kulit kepala (Seperti tidak keramas secara rutin, dan keramas yang kurang bersih)
  3. Alergi terhadap penggunaan suatu produk (produk perawatan untuk creambath, atau produk pencuci rambut lainnya)
  4. Menderita gangguan kulit tertentu seperti tinea capitis dan juga eskim atopik.

Kemunculan ketombe umumnya ditandai dengan kulit kepala yang bersisik dan berkerak, kemunculan ini menimbulkan rasa gatal yang luar biasa sehingga ketika kita refleks menggaruk kulit kepala maka akan runtuh dan berjatuhan lah sisik berwarna putih ataupun kekuningan yang dapat berjatuhan pada bahu ataupun pakaian kita.

Artikel Terkait  5 Tips Mengatasi Rambut Kering Tanpa Perawatan Salon

Apa lagi kalau kita sedang beraktivitas di luar ruangan, kemudian timbul rasa gatal yang luar biasa rasanya tangan juga gak bisa diem ya kawan cantik?

Apalagi untuk kita yang berhijab, kulit kepala yang tertutup akan mudah lembab dan rentan terkena ketombe.

Ketika momen bareng keluarga, pasangan, atau sedang meeting  dengan rekan bisnis tentunya hal itu sangat membuat kita tidak nyaman ya kawan cantik, ngobrol dan sambil garuk- garuk kepala, ih gak banget ya?

Pengobatan dan cara pencegahan ketombe

Untuk pencegahan dan menghilangkan ketombe itu sendiri upaya yang harus kita lakukan adalah menggunakan shampo anti ketombe yang mengandung zinc karbonat, natrium klorida, dan zinc prition.

Kemudian Kawan cantik tetap harus keramas secara teratur dan juga di bilas dengan bersih. Menggunakan perawatan rambut yang sesuai dengan jenis kulit kepala berminyak, pilih produk perawatan rambut yang aman.

Konsumsi makanan sehat dan yang bergizi seimbang, serta mengelola stres dengan baik. Ketombe dapat di kontrol dengan mengikuti berbagai rutinitas perawatan rambut yang sehat, Kawan cantik bisa mencoba berbagai pengobatan dan perawatan secara alami.

mudah atasi masalah ketombe dengan bahan alami

Cara sederhana dan bahan mudah di dapat pastinya, Memang benar penanganan dengan bahan alami memakan waktu yang tidak singkat. Ketika kulit kepala kawan cantik cenderung sensitif, kawan cantik bisa menggunakan cara alami ini untuk atasi ketombe.

Alasannya, karena bahan alami tidak memiliki efek samping dan efektif mengatasi ketombe secara tuntas.

Beberapa bahan alami yang bisa mengeluarkan dari salah satu masalah kulit kepala yaitu, ketombe adalah sebagai berikut.

Tea tree oil

Berdasarkan penelitian dari Journal Of American Dermatologi membuktikan bahwa shampo yang mengandung 5 tetes tea tree oil dapat mengobati ketombe akut.

Artikel Terkait  Jenis Riasan Pengantin yang Perlu Dicoba! Siapa Tahu ada yang Cocok!

Minyak kelapa

Bahan alami selanjutnya yang kaya akan manfaat untuk perawatan kecantikan yaitu Minyak kelapa. Sebelum mandi, pijat kulit kepala dengan 3-5 sendok makan minyak kelapa, campurkan pada shampo untuk hasil yang maksimal.

Lemon

Gunakan 2 sendok makan sari lemon untuk memijat kulit kepala kalian ya Kawan cantik, diamkan beberapa saat kemudian bilas dengan air bersih.

Kandungan asam pada lemon dapat menyeimbangkan ph kulit, Sehingga sangat membantu mengatasi ketombe. Lakukan secara telaten dan teratur ya kawan cantik.

Garam

Gosokan garam dapat membuat serpihan ketombe menjadi keluar sebelum Kawan cantik keramas. Ambil sejumput atau secukupnya garam dapur kemudian oleskan pada kulit kepala, lalu keramas seperti biasa hingga bersih kemudian bilas menggunakan air bersih.

Minyak zaitun

Pijat kulit kelapa secara merata dengan menggunakan minyak zaitun, Diamkan selama sekitar 45 menit, lalu bilas dengan shampo dan conditioner.

Aspirin

Asam salisilat, yang terdapat pada aspirin dapat menjadi penanganan yang efektif untuk masalah ketombe. Kawan cantik bisa menggunakan 2 butir aspirin yang dihaluskan dan campur dengan shampo biasa yang kalian rasa cocok saat ketombean menyerang.

Diamkan kurang lebih 1-2 menit, kemudian bilas hingga bersih.

Yuk Kawan cantik mulai cari bahan- bahan alami untuk pencegahan dan pengobatan ketombean, bahan-bahan tentunya mudah di dapat dan terjangkau bukan? Nah siap aplikasikan untuk kulit kepala yang bermasalah ya, usahakan untuk selalu rutin dan telaten, sabar, karena semua butuh proses untuk ketombe bisa teratasi.

Selamat mencoba semoga cocok dan ketombe dan say good bye pada ketombe, rasakan manfaat bahan alami kulit kepala menjadi lebih fresh dan terawat.

 

Tinggalkan komentar