Keuntungan Menggunakan Asuransi Rawat Jalan Cashless

Asuransi merupakan salah satu produk keuangan yang penting dimiliki demi ketenangan batin di masa depan. Bagaimana tidak, asuransi akan memberikan berbagai macam manfaat pembayaran di saat-saat genting. Salah satu jenis yang cukup terkenal dan disukai banyak orang adalah asuransi rawat jalan cashless.

Sistem cashless ini dirasa lebih menguntungkan pihak pengguna. Pasalnya, pihak asuransi akan langsung membayarkan semua beban keuangan ke pihak rumah sakit. Dengan begitu pengguna tak perlu harus membayarkan terlebih dahulu beban keuangannya di saat-saat genting.

Manfaat Menggunakan Jasa Asuransi Cashless yang Begitu Menguntungkan

Jika dibandingkan dengan metode reimbursement, metode ini lebih menguntungkan bagi pihak pengguna. Berikut serangkaian manfaat yang akan didapatkan saat menggunakan metode cashless:

  • Tidak Perlu Menyediakan Dana

Manfaat pertama yang bisa didapatkan saat menggunakan asuransi rawat jalan cashless adalah Anda tak perlu menyediakan dana. Saat sakit tentu keuangan akan menjadi permasalahan utama. Pasalnya terkadang saat sakit seseorang tidak dapat menjalankan aktivitasnya sehingga produktivitasnya terganggu.

Keadaan tersebut tentu memberikan tekanan finansial besar sehingga jika harus membayarkan biaya pengobatan akan sangat berat. Terlebih selama ini Anda rutin membayarkan premi setiap bulannya. Oleh karena itu, metode cashless lebih disukai karena Anda hanya perlu membayarkan premi setiap bulan tanpa harus memikirkan tanggungan biaya rumah sakit.

asuransi rawat jalan cashless

Hal ini tentu berbeda dengan metode reimbursement di mana Anda harus menggunakan dana pribadi untuk membayarkan biaya rumah sakit. Pihak asuransi akan membayarkan dana Anda setelah terdapat kuitansi pembayaran dari pihak rumah sakit. Hal ini jelas akan sangat memberatkan pengguna saat keadaan darurat.

Artikel Terkait  Bahasan Mengenai Asuransi Murni Syariah, Bagaimana Hukumnya?

Belum lagi jika menggunakan metode reimbursement Anda diwajibkan mengisi serangkaian proses yang menyulitkan. Ada beberapa formulir yang harus diisi sebelum uang dapat dicairkan. Sangat melelahkan bukan jika tak menggunakan metode cashless?

  • Sangat Bermanfaat Saat Keadaan Darurat

Manfaat selanjutnya penggunaan metode cashless adalah sangat berguna saat kondisi darurat. Kondisi darurat ini tentu akan menjadi sangat pusing dan hectic karena Anda membutuhkan penanganan secepat mungkin. Dalam keadaan inilah metode cashless sangat berguna dan memudahkan setiap urusan Anda.

Anda tak perlu membayarkan uang muka atau uang jaminan untuk menikmati layanan kesehatan. Cukup bayarkan premi rutin setiap bulannya maka di saat-saat darurat Anda tak perlu lagi pusing memikirkan jalan keluar.

asuransi cashless

Manfaat cashless ini juga harus disesuaikan dalam pemilihan asuransi dengan cakupan manfaat lebih luas. Mengingat tak semua pihak asuransi bekerja sama dengan berbagai pihak rumah sakit. Dengan begitu, kejelian dan ketelitian sebelum membeli asuransi akan sangat menentukan manfaat yang akan Anda dapatkan.

  • Proses Klaim Begitu Cepat dan Mudah

Manfaat selanjutnya menggunakan asuransi model cashless adalah proses pencairan yang mudah dan cepat. Seperti disebutkan sebelumnya metode reimbursement mewajibkan Anda mengisi seluruh berkas atau dokumen-dokumen tertentu agar pihak asuransi mengeluarkan dananya untuk pembiayaan. Tentu hal ini sangat menyulitkan.

Dokumen yang diminta juga tak hanya satu melainkan banyak dari formulir klaim, nota pembayaran rumah sakit, rincian biaya, hasil medis pendukung, resep, hingga identitas diri. Proses pembayaran ini juga memakan waktu lama yakni dalam hitungan hari setelah dokumen dinyatakan lengkap.

Selain itu, pihak asuransi juga akan melakukan verifikasi terlebih dahulu dengan pihak rumah sakit sehingga proses pencairan akan memerlukan waktu yang lama. Hal ini tentu berbeda dengan proses cashless di mana Anda akan menikmati proses cepat dan mudah. Anda hanya perlu menggesek kartu asuransi di awal pendaftaran saat transaksi.

Artikel Terkait  Pentingnya Memiliki Asuransi Ternyata Bisa Cegah Dari 4 Hal Ini!

Setelah itu Anda tak perlu lagi pusing mengeluarkan dana untuk pembiayaan perawatan serta mengajukan beberapa formulir yang menyulitkan. Dengan begitu hati akan menjadi lebih tenang dan nyaman.

  • Manfaat Perlindungan Begitu Lengkap

Manfaat lain yang tak akan didapatkan saat menggunakan reimbursement adalah pemberian manfaat yang begitu lengkap. Manfaat reimbursement hanya akan mengganti biaya operasi, obat-obatan, hingga biaya kamar per hari. Sedangkan metode cashless dapat mencakup semua pembiayaan rumah sakit yang Anda perlukan.

Dengan menggunakan metode cashless maka Anda akan dicover mulai dari pembiayaan kamar, biaya dokter, obat-obatan, operasi, biaya sebelum rawat inap, biaya setelah rawat inap, biaya kemoterapi, biaya konsultasi dan berbagai macam manfaat lain. Oleh karena itu, penting menggunakan jenis cashless demi hidup yang tenang dan nyaman saat kondisi darurat.

  • Manfaat Penggantian Lebih Besar

Asuransi rawat jalan cashless tak hanya memberikan manfaat perlindungan yang besar namun juga akan memberikan manfaat penggantian yang besar jika dibandingkan asuransi kesehatan biasa. Tentunya dengan perlindungan yang besar ini akan membuat premi yang Anda keluarkan menjadi lebih mahal dari metode biasa.

Penggunaan asuransi rawat jalan cashless memang akan memberikan beragam manfaat bagi pihak pengguna asal tepat dan jeli dalam memilih pihak asuransi. Pastikan memilih jasa asuransi terpercaya dan berpengalaman dalam mengelola uang dari nasabahnya untuk mendapatkan manfaat yang begitu besar.


Ingin produk/website Anda kami ulas? Silahkan klik tombol dibawah ini


Tinggalkan komentar