Gerakan Renang Gaya Bebas seperti Meniru Binatang

Gerakan renang gaya bebas, lebih meniru ke binatang anjing maupun harimau. Dari sini, disebut dengan gaya Crawl (merangkak), dog style, atau renang harimau. Renang ini, merupakan salah satu olahraga yang cukup digemari oleh banyak orang.

Renang bebas ini, menyehatkan tubuh, dan menciptakan sensasi kesegaran bagi tubuh. Mungkin, secara kasat mata, melakukan olahraga renang mungkin mudah, tetapi tidak semua orang bisa renang. Jadi, kita perlu yang namanya mempelajari teknik-teknik dulu.

Gaya Bebas untuk Pemula

Gaya bebas, memang cocok untuk pemula, dan tidak sesulit dengan apa yang dipelajari dari gaya lain. Berikut, adalah posisi yang perlu dipersiapkan dalam renang gaya bebas:

1. Posisi Tubuh dan Kepala

Hal pertama, yang perlu diperhatikan dalam permulaan gaya renang bebas, adalah posisi tubuh dan kepala. Posisikan tubuh dengan telungkup, menghadap ke bawah. Badan dan kepala kita, posisikan lurus di permukaan air. Usahakan, tubuh sejajar dengan permukaan air untuk menghindari risiko cidera.

2. Gerakan Tangan

Untuk gerakan tangan, posisikan tangan di depan kita, dengan lurus. Lebarkan sedikit jari saat tangan mulai  menyentuh air dan ikuti aliran pada permukaan air. Ikuti alirannya, dengan telapak tangan. Mulailah dengan melatih ayunan tangan dalam gaya ini.

3. Gerakan Kaki

Dalam gaya renang bebas, kaki juga harus ikut bergerak, hal ini untuk membantu gerakan saat di air. Gerakan kaki, lebih ke cara naik dan turun di air secara bergantian. Gerakan tersebut penting dilakukan untuk menambah kekuatan ke depan. Pusat pergerakan, terletak pada bagian pangkal paha.

4. Teknik Pernapasan

Pada renang gaya bebas ini, pengambilan napas dengan cara menyerong ke kanan atau ke kiri. Caranya lebih ke mengangkat salah satu sisi wajah ke permukaan air. Lalu tarik napas secukupnya, dan baru mengembuskan napas kembali saat wajah menghadap air.

Artikel Terkait  Manfaat Diet Mayo yang Perlu Kamu Ketahui!

Manfaat Renang Gaya Bebas

Manfaat renang gaya bebas, diantaranya:

1. Melatih otak

Gerakan renang gaya bebas, dapat menyingkronkan seluruh anggota tubuh bila dilakukan secara tepat. Sinkronasi tersebut membutuhkan otak yang cukup tinggi. Oleh karena itu, kinerja otak akan berkembang lebih optimal ketika seseorang melakukan gerakan ini.

2. Melatih daya tahan tubuh dan menambah tinggi badan

Renang gaya ini, dapat meningkatkan daya tahan tubuh, dengan gerakan yang dinamis. Jika dilatih secara terus menerus, maka tubuh akan menjadi tetap bugar. Untuk pertumbuhan fisik juga, sangat berpengaruh, lebih ke perkembangan tulang dan otot.

3. Melatih pernapasan

Gerakan renang ini, lebih ke mengambil dan menahan napas di waktu tertentu. Latihan ini, dapat membuat kita terbiasa, mengatur napas, sehingga tarikannya menjadi lebih kuat dan panjang. Dari sini, napas akan lebih tahan lama.

Tentang Gaya Bebas

Renang, adalah olahraga yang sangat baik untuk kesehatan bagi tubuh, begitu juga dengan kebugarannya. Ada beberapa gaya renang yang bisa dilakukan, seperti gaya bebas, gaya dada, gaya punggung, dan gaya kupu-kupu. Gaya paling populer dan dipakai banyak orang adalah gaya renag bebas.

Gaya bebas sendiri, pertama kali diperkenalkan di negara Inggris, pada akhir abad ke-19. Gaya renang ini, diakui sebagai gaya resmi, pada tahun 1902. Teknik dari gaya renang bebas sendiri, adalah teknik tolakan, teknik tarikan, teknik pernafasan, dan teknik kaki.

Gerakan renang gaya bebas, mengikuti gerakan-gerakan binatang dalam air. Gerakan binatang yang bisa ditiru, antara lain gerakan katak, ikan, dan gerakan lumba-lumba. Jadi, sudah paham mengenai gaya bebas?

Tinggalkan komentar