Ngayomi Ngayemi, Pekan Budaya Difabel 2022 Disambut Antusias

Pekan Budaya Difabel 2022 adalah serangkaian acara yang digelar oleh Dinas Kebudayaan DIY beserta komunitas difabel dan seniman lokal guna mengangkat budaya inklusi di masyarakat. Acara yang digelar di Desa Wisata Kebon Agung, Imogiri ini dibuka secara simbolik dengan pemukulan kentongan oleh panitia, perwakilan desa serta Dinas Kebudayaan.

Sejarah Pekan Budaya Difabel

Pekan Budaya Difabel sendiri bermula sejak tahun 2019 dimana masyarakat beserta dinas berupaya mengangkat kesetaraan kawan-kawan difabel agar tidak lagi dipandang sebelah mata, karena bagaimanapun juga banyak kawan difabel yang justru tidak kalah sukses dengan anggota masyarakat lain.

Tema pada tahun 2022 ini adalah Ngayomi Ngayemi, acara yang dibuka pada pukul 15.00 tanggal 28 November ini akan berlangsung selama enam hari berturut-turut. Eni Lestari Rahayu selaku Kabid Pemeliharaan dan Pengembangan Adat, Tradisi, Lembaga Budaya dan Seni Disbud DIY menyebutkan dimana Pekan Budaya Difabel 2022 menggunakan logo daun pisang sebagai simbol perlindungan (ngayomi) dan kesejahteraan (ngayemi)

Kemeriahan Pembukaan Ngayomi Ngayemi

punokawanito ngayomi ngayemi pekan budaya difabel 2022

Punokawanito, sebuah grup difabel tuna netra turut hadir menyemarakkan upacara pembukaan Pekan Budaya Difabel, sebagai informasi Punokawanito adalah grup yang memiliki anggota perempuan sekaligus penyandang tuna netra. Meski mereka memiliki keterbatasan tetapi mereka tampil all out menghibur pengunjung yang menghadiri pembukaan Pekan Budaya Difabel 2022 ini.

Broto Wijayanto selaku ketua Panitia dalam sambutannya menyebutkan bahwa relasi kuasa sering melekat dalam diri masyarakat kita dan memandang remeh kawan-kawan difabel, selain itu terkadang rasa iba yang berlebihan justru malah membuat semangat kawan-kawan difabel menjadi surut. Inilah sebabnya, event kali ini berusaha memberikan wawasan baru mengenai siapa difabel dan mengapa mereka tidak berbeda dengan warga masyarakat lainnya dalam kemampuan berusaha, menginspirasi dan menjadi sukses.

Artikel Terkait  Cara Buat Buket Snack Murah!

Acara yang dimeriahkan oleh Ndaru Ndarboy Genk ini sukses merebut hati para pengunjung yang memadati Desa Wisata Kebon Agung. Informasi lebih lanjut mengenai Pekan Budaya Difabel 2022 bisa mengakses instagram @pekanbudayadifabel

Tinggalkan komentar