Kelebihan dan Kekurangan Hairclip

Wanita berambut pendek terkadang menginginkan rambut panjang dalam waktu singkat untuk kebutuhan penampilannya. Padahal memanjangkan rambut tentu saja membutuhkan waktu hingga bertahun-tahun. Hairclip menjadi salah satu solusi untuk mendapatkan rambut yang lebih panjang dan tebal dalam waktu singkat. Apa sebenarnya hairclip? Apakah sama dengan hair extension yang biasa digunakan untuk menyambung rambut agar panjang? Simak artikel ini untuk mengetahui jawabannya!

Pengertian Hairclip

Sesuai namanya, hairclip merupakan rambut tambahan yang digunakan dengan cara dijepit pada rambut asli. Sebagian besar wanita menggunakan hairclip untuk menunjang penampilannya. Contohnya memanjangkan rambut secara instan, membuat rambut bergelombang, memiliki rambut berwarna tanpa mewarnai, dan lain sebagainya.

Hairclip
Freepik.com

Perbedaan Hairclip dan Hair Extension

Beberapa dari kamu mungkin penasaran apa perbedaan antara hairclip dengan hair extension. Pasalnya keduanya sama-sama ditambahkan pada rambut asli. Langsung saja, berikut perbedaannya:

  • Cara memasang

Perbedaan utama antara hairclip dan hair extension ada di cara pemasangannya. Ada dua teknik pemasangan hair extension yaitu menggunakan lem dan ring. Jika menggunakan lem, maka rambut asli dan tambahan akan disambung menggunakan lem. Sedangkan jika menggunakan ring, rambut asli akan dimasukkan ke dalam ring. Selanjutnya ring dipipihkan agar bisa menyatukan rambut asli dan tambahan.

Berbeda dengan hair extension tersebut, cara memasang hairclip lebih mudah dan praktis. Pada setiap pangkal rambut tambahan ada clip yang bisa digunakan langsung di bagian rambut yang ingin disambung. Seperti clip pada umumnya, tekan untuk membuka atau menutup clip. Kamu tidak harus datang ke salon untuk menggunakan hairclip ini.

  • Harga

Perbedaan selanjutnya adalah tentang harganya. Karena membutuhkan bantuan ahli, maka harga hair extension tentu saja lebih mahal dibandingkan hairclip. Selain itu, kualitas rambut tambahan juga berpengaruh pada harganya. Pasalnya ada rambut asli dan rambut buatan yang digunakan sebagai hairclip dan hair extension.

Kelebihan Hairclip

Berikut ini adalah beberapa kelebihan dari hairclip:

  • Bisa dipasang sendiri

Hairclip merupakan inovasi yang lebih simple dan praktis untuk mendapatkan rambut impian. Kamu tidak perlu datang ke salon karena hairclip bisa digunakan sendiri. Jadi secara tidak langsung kamu bisa menghemat budget untuk membayar biaya salon.

  • Memberikan efek tebal

Rambut yang tebal merupakan idaman banyak wanita. Namun kerontokan dan genetik terkadang menjadi salah satu penghalangnya. Jika menginginkan rambut tebal dengan cara instan, maka hairclip menjadi salah satu solusinya. Kamu bisa memasang rambut tambahan di posisi yang diinginkan.

  • Tidak membutuhkan perawatan mahal

Tenang saja, hairclip bukan produk sekali pakai. Kamu bisa menggunakannya berbulan-bulan bahkan bertahun-tahun. Namun pastikan produk yang dipilih memang memiliki kualitas yang baik agar lebih tahan lama. Untuk perawatannya sendiri, kamu tidak harus datang ke salon. Gunakan shampoo biasa dan sisir rambut khusus untuk menjaga hairclip selalu indah.

  • Menunjang penampilan

Sebagian besar wanita menggunakan hairclip untuk menunjang penampilan. Contohnya jika rambutmu terlalu tipis, kamu bisa menggunakan hairclip agar lebih tebal dan bervolume. Selain itu, model hairclip juga sangat beragam sehingga bisa disesuaikan dengan selera fashion. Kamu bisa mendapatkan rambut indah tanpa terlalu merusak rambut asli.

  • Tidak membebani rambut

Kelebihan hairclip yang terakhir yaitu tidak terlalu membebani rambut asli. Setelah menggunakan hairclip, kamu bisa langsung melepasnya sendiri dengan mudah. Jadi rambut asli tidak akan semakin rusak karena terlalu lama menggunakan rambut tambahan.

Artikel Terkait  Viral! Ini Pilihan Kebaya Hijau untuk Berbagai Acara

Kekurangan Hairclip

Meskipun memiliki banyak kelebihan, hairclip juga memiliki kekurangan yaitu:

  • Sambungan bisa terlihat

Hairclip dipasang mulai dari tengah lalu sampai ke bawah. Hal tersebut dilakukan untuk menyembunyikan clip dari mata ketika rambut digerai. Namun ketika kamu ingin mengepang rambut ke atas, sambungan bisa terlihat. Jadi hairclip hanya cocok untuk rambut yang digerai.

  • Berisiko menyebabkan kerusakan pada rambut

Jika kamu menggunakan hairclip sebagai extension untuk jangka panjang, maka hairclip bisa menyebabkan kerusakan. Hairclip menjadi beban tambahan pada rambutmu sehingga berisiko mengalami kerontokan. Oleh sebab itu, disarankan menggunakan hairclip ketika dibutuhkan saja.

Itulah pembahasan mengenai hairclip yang mungkin membuat kamu penasaran. Dibandingkan hair extension, tentu saja lebih praktis menggunakan hairclip karena bisa dipakai sendiri. Saat ini sudah banyak yang menjual hairclipsecara online juga.


Ingin produk/website Anda kami ulas? Silahkan klik tombol dibawah ini


Tinggalkan komentar