Apakah Fair and Lovely Mengandung Merkuri?

Fair and Lovely, adalah salah satu skincare yang buming di tahun-tahun terakhir ini, karena slogannya. Hanya sayang, ada pro kontra dari produk ini, lebih ke kandungannya yang dianggap bahaya atau merugikan.

Brand kecantikan milik Unilever ini, mengklaim produk bisa membuat kulit bersih, sehat, dan bercahaya. Apakah benar? Karena produk yang paling terkenal, adalah Day & Night Cream. Bahan-bahan yang digunakan, bisa memberikan efek yang signifikan pada kulit. Banyak masyarakat yang penasaran.

Tetapi, apakah benar? Yuk, cek ulasannya!

Ciri-ciri Produk Kecantikan Aman Dipakai

Ingat, pada tahun 2020, produk Fair & Lovely, ganti nama menjadi Glow & Lovely. Produk yang paling dipakai, adalah krim malam dan siang. Dikemas dengan desain, mirip kemasan Glow & Lovely, viral di media sosial. Untuk mengetahui bahwa produk ini aman digunakan atau tidak, lakukan ini.

Pakai skincare tersebut, dengan mengoleskan krim pada kulit belakang telinga, pergelangan tangan, dan lengan bawah selama 24 jam. Jika terasa gatal, maka tidak cocok atau ada kandungan yang membahayakan di produk tersebut. Jika muncul kemerahan, hingga iritasi maka tidak cocok.

Periksa, apakah produk ini cocok dengan jenis kulit kita. Karena kita hanya lihat brand saja, tanpa kandungan yang ada sesuai kebutuhan. Lihat katalog dari Fair & Lovely secara lengkap, di media sosial. Cek produk, apakah sudah masuk ke BPOM apa belum.

Jadi, Fair & Lovely Aman Dipakai?

Jadi, kesimpulannya adalah Fair & Lovely tidak aman digunakan, jika dilihat dari keterangan di atas, dan bukti nyata. Krim siang dan malam yang dipunya, memiliki efek yang berbeda, di kulit. Tekstur dari dua krim tersebut, konsistensinya lengket seperti lumpur dan berwarna kuning kental.

Artikel Terkait  Insomnia: Pengertian, Penyebab, Risiko, dan Cara Mengobati

Kalian juga harus tahu, krim siang dan malam dari Fair & Loveky, tidak ada nomor registrasi BPOM. Jadi, produk ini memiliki kandungan yang tidak lulus uji BPOM. Krim ini, sudah dianggap tidak aman untuk penggunaan masyarakat umum.

Dengan pengubahan nama dan kandungan dari Fair & Lovely, mulai membenahi diri dengan mengenalkan produk pembersih wajah, krim pencerah, krim multivitamin, krim BB, krim bedak, dan masker. Glow & Lovely, bukan produk asli Unilever.

Tentang Merkuri

Ketahui, bahwa kandungan merkuri dalam suatu produk kecantikan, itu jelek. Karena logam merkuri bisa menjadi pemutih, dan jika berlebihan jadi jelek. Walaupun bisa memutihkan kulit, tapi kandungan ini dianggap jelek.

Krim pemutih ini, berbahaya, dan bisa kita ambil contoh pada krim kecantikan Goree dengan bahan likopen. Produk dengan kandungan ini, dianggap abal-abal, dan bisa saja dibatasi atau dilarang untuk beredar di pasaran Indonesia.

Efek panjang, dari penggunaan produk kecantikan menggunakan bahan merkuri, adalah berubahnya warna kulit, muncul gangguan kecemasan, depresi, dan kerusakan saraf, atau ginjal. Pihak-pihak terkait, sudah mencoba menghentikan hal ini.

Penyebaran Produk Kecantikan yang ada Bahan Merkuri, di Dunia

Produk ini, sangat populer di Asia. Kita lihat kasus, pada Maret 2018, Global Industry Analysts Inc. merilis laporan yang memperkirakan nilai pasar krim pencerah akan mencapai $31,2 miliar (Rp441 triliun) pada tahun 2024. Hal ini, didasarkan pada tingginya permintaan dari Asia, Timur Tengah, dan Afrika.

Pada tahun 2004, Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) menemukan 40 persen perempuan di Cina, Malaysia, Filipina, dan Korea Selatan menggunakan krim pemutih kulit dengan bahan ini. Di India, lebih dari 61 persen pasar perawatan kulit didominasi oleh produk semacam ini.

Artikel Terkait  Face Mapping, Cara Temukan Penyebab Jerawat

Sejumlah pemerintah, di dunia mulai menangani isu ini. Bisa kita lihat, pada bulan Juli, Kementerian Perubahan Iklim Pakistan menyatakan akan menyita krim pencerah yang “jumlah merkurinya berlebihan.”

Jadi, sudah siap pakai krim pemutih tanpa kandungan merkuri?


Ingin produk/website Anda kami ulas? Silahkan klik tombol dibawah ini


Tinggalkan komentar