ASUS Zenbook DUO UX8406, Laptop Dua Layar Revolusioner dan Paling Inovatif

 

ASUS memang nggak bisa diam banget, deh. Brand yang satu ini lincah banget dalam berinovasi menciptakan laptop. Tahu sendiri kan, laptop sudah menjadi bagian paling penting bagi setiap orang, apapun profesinya. Sebab, laptop menjadi peralatan kerja yang menunjang semua kebutuhan, sehingga mengerjakan pekerjaan bisa lebih mudah dan cepat selesai.

 

Launching ASUS Zenbook DUO UX8406

ASUS kembali mengeluarkan produk terbarunya. Kali ini lokasinya di Hotel Raffles, Kuningan, Jakarta Selatan. Saya beruntung banget bisa datang ke acara launching-nya. Jadi bisa tahu produk ini lebih dulu dibanding orang-orang yang tidak hadir.

Banyak juga rekan sesama penulis, blogger, dan content creator yang hadir. Mereka datang dari berbagai kota di Indonesia, seperti Aceh, Bandung, Semarang, Yogyakarta, Solo, Bekasi, dan tentu saja Jakarta.

Drama Musikal dan Games Bersama Wingky Wiryawan dan Wulan Guritno

Acara launching ini berlangsung meriah. Suasananya gegap gempita, dengan musik megah sepanjang acara. Donna Agnesia tampil sebagai MC dan pandai banget membuat acara semakin seru.

Hiburan acara ini berupa drama musikal. Saya jadi merasa sedang nonton konser, lho, saking kerennya aksi panggung para pemainnya. Mereka menyanyi sambil nge-dance. Berasa kayak grup K-Pop yang hits banget. Nontonnya pun jadi ikut terbawa suasana gembira.

Yang bikin acara lebih istimewa lagi, ada Wingky Wiryawan dan Wulan Guritno. Mereka tidak hanya datang untuk memperkenalkan ASUS Zenbook DUO, tapi mengajak kami bermain.

Yup, Wingky dan Wulan memilih 8 orang yang hadir, untuk diajak bermain games. Games-nya berupa menjawab pertanyaan seputar ASUS Zenbook terbaru ini. Beruntung banget teman-teman yang terpilih oleh Wingky dan Wulan, karena bisa mendapatkan uang tunai, hadiah games ini.

Bagi yang tidak terpilih bermain games, masih ada kesempatan untuk mendapat doorprize. Nggak tanggung-tanggung, hadiah doorprize-nya adalah fine gold dan tentu saja laptop dua layar ASUS Zenbook DUO UX8406 yang sedang diluncurkan ini. Luar biasa!

Spesifikasi ASUS Zenbook DUO Revolusioner

Makin ke sini, ASUS makin inovatif! ASUS Zenbook DUO UX8406 adalah laptop dua layar yang sudah menggunakan teknologi AI dengan fitur revolusioner. Ini dia spesifikasi lengkapnya:

Artikel Terkait  ASUS Hadirkan VivoBook Pro 14X OLED untuk Content Creator

Laptop revolusioner

Disebut seperti ini karena, sejak Project Precog 2018, ASUS sudah mengusung konsep laptop layar ganda. Nah, ASUS Zenbook DUO UX8406 ini adalah wujud paling sempurna dari seluruh lapop layar ganda yang ada.

Desain ini bermula pada 2018. Tim desain ASUS melihat, ketika bekerja, orang-orang membutuhkan layar tambahan untuk memperluas bidang kerja. Kalau di kantor sih, mereka bisa menambah layar menggunakan laptop lain. Namun, ketika harus bekerja di luar kantor, mereka jadi harus kembali menggunakan satu layar, sehingga bekerjanya kurang maksimal.

Pada saat itu ekosistem hardware, software, dan sistem operasinya belum bisa memaksimalkan penggunaan layar ganda. Kemudian ASUS mengembangkan sistem layar ganda di laptop dengan software dan ekosistem lainnya, pada ASUS Zenbook berikutnya. Barulah pada enam tahun kemudian, di tahun 2024 ini, lahirlah Zenbook DUO UX 8406. Itulah sebabnya laptop ini tidak hanya revolusioner, tapi juga telah melewati proses pengembangan secara konsisten selama bertahun-tahun.

Desain inovatif

Ini yang paling menakjubkan bagi saya. Desainnya benar-benar memukau. ASUS Zenbook DUO UX8406 ini bukan laptop biasa karena dibekali dua layar. Layarnya di tempat biasa laptop pada umumnya, dan di bawah keyboard. Iya, keyboardnya bisa diangkat/dilepas. Begitu keyboard dilepas, voila! Muncul satu layar lagi.

Selain layar 14 inch dan keyboard yang bisa dilepas, laptop ini dilengkapi penyangga khusus sehingga mudah digunakan. Desainnya ringan, ringkas, dan berfokus pada pengguna, sehingga mudah dibawa ke mana-mana. Zenbook DUO (UX8406) yang tampil sebagai laptop Intel® Evo™ Edition ini menggabungkan kemampuan multitasking dengan mobilitas yang superior dalam bodi yang ringan, dengan bobot hanya 1,35 kg dan ketebalan hanya 14,6 mm.

 

Kedua layar Zenbook DUO (UX8406) mengusung teknologi ASUS Lumina OLED yang sudah mendapatkan sertifikasi Dolby Vision®, Pantone® Validated, serta memiliki color gamut 100% DCI-P3 untuk memastikan reproduksi warna terbaik dan akurat. Layar ini juga telah mengantongi sertifikasi VESA DisplayHDR™ True Black 500 dan mendukung teknologi touch screen sehingga dapat digunakan bersama dengan stylus ASUS Pen 2.0 yang dapat memberikan input secara presisi.

Artikel Terkait  ASUS Hadirkan VivoBook Pro 14X OLED untuk Content Creator

Pengisian daya keyboard yang dapat dilepas ini bisa dilakukan secara otomatis saat Zenbook DUO UX8406 digunakan pada Laptop Mode, yaitu ketika keyboard dipasangkan secara langsung ke bodi laptop. Ketika dilepas dari body-nya, keyboard bisa dihubungkan menggunakan bluetooth.

Luar biasa, yaaa!

Fleksibel, mudah, dan nyaman digunakan

Laptop ASUS Zenbook DUO UX8406 memang beda dari yang lain. Keyboard pada laptop ini dilengkapi Bluetooth ASUS ErgoSense dengan touchpad terintegrasi, engsel layar yang dapat dibuka hingga 180°, serta penyangga terintegrasi yang memungkinkan lima mode penggunaan yang fleksibel. Fitur ScreenXpert yang telah disempurnakan juga hadir untuk memberikan pengalaman yang lebih intuitif ketika pengguna Zenbook DUO (UX8406) menggunakan laptop ini di semua mode penggunaannya.

Iya betul, laptop dua layar ASUS Zenbook DUO UX8406 ini bisa digunakan dalam lima mode. Ini dia:

    1. Dual-Screen Mode: Ini paling membedakan Zenbook DUO (UX8406) dengan laptop lainnya. Dengan mode ini, layar bisa dimanfaatkan secara penuh, yaitu dengan memposisikan laptop secara lebih tinggi, menggunakan penyangga terintegrasi sehingga kedua layarnya dapat dilihat secara lebih nyaman. Lalu kita mengontrol Zenbook DUO (UX8406) menggunakan keyboard fisiknya secara nirkabel melalui koneksi Bluetooth.
    1. 2. Desktop Mode: Ini buat kamu yang suka dengan layar vertikal. Desktop Mode di Zenbook DUO (UX8406) menawarkan dua layar vertikal yang diposisikan secara berdampingan. Mode ini cocok banget untuk bekerja menulis artikel, browsing, dan coding.

    1. 3. Laptop Mode: Yang ini tampil layaknya laptop pada umumnya, dengan satu layar aktif dan keyboard yang ditempatkan di atas layar kedua. Mode ini paling cocok dipakai saat bekerja di ruang terbatas seperti di dalam pesawat.

    1. 4. Laptop Mode with Virtual Keyboard: Mode ini bisa digunakan kalau kamu tidak ingin menggunakan keyboard fisiknya. Melalui ScreenXpert, pengguna Zenbook DUO (UX8406) dapat menghadirkan keyboard virtual dalam layout penggunaan yang berbeda-beda, lengkap dengan touchpad virtual.
Artikel Terkait  ASUS Hadirkan VivoBook Pro 14X OLED untuk Content Creator

    1. 5. Sharing Mode: Ini adalah mode paling unik. Pakai mode ini, kita bisa  berbagi layar dengan orang lain secara lebih mudah. Cukup buka layar laptop ini hingga 180° dan aktifkan mode ini. Kedua layarnya kini saling bertolak belakang sehingga memudahkan dua orang untuk berinteraksi secara langsung ketika menggunakan Zenbook DUO (UX8406).

Performa terbaik ditenagai AI

Ini yang saya bilang sejak awal. ASUS ZenbookDUO UX8406 ini adalah laptop AI dengan dua layar yang sudah bersertifikasi Intel® Evo™ Edition. Nggak tanggung-tanggung, dibekali juga dengan prosesor bertenaga AI, Intel® Core™ Ultra 7 155H terbaru.

Prosesor Intel® Core™ Ultra dilengkapi NPU atau Neural Processing Unit inilah yang hadir secara spesifik untuk memproses aplikasi yang menggunakan AI. Jadi semua aplikasi dan fitur yang bekerja menggunakan AI, dapat dijalankan secara lebih baik tanpa menguras daya secara berlebihan.

Jangan lupa, lihat dulu nih, prosesornya. Prosesor Intel® Core™ Ultra 7 155H juga dibekali chip grafis Intel® Arc™, mampu menghadirkan performa sampai dua kali lipat dibandingkan dengan chip grafis terintegrasi di prosesor Intel® generasi sebelumnya. Lebih jauh lagi, chip grafis Intel® Arc™ juga sudah didukung berbagai teknologi grafis modern seperti real-time ray tracing, Xᵉ Super Sampling, hingga DX 12 Ultimate dan Advanced Media Engine. Yang lebih menggembirakan, di Zenbook DUO (UX8406), Intel® Arc™ tidak hanya dapat mengakselerasi pemrosesan grafis, tetapi juga video encoding. Ini sangat penting bagi kita, para content creator.

Melihat spesifikasi ini, jadi makin pengin punya, kaan?

Harga Berapa? Beli di Mana?

Ini dia info yang paling ditunggu. Laptop dua layar ASUS Zenbook DUO UX8406 yang istimewa ini bisa dibeli dengan harga Rp33.999.000. Sesuai lah ya, dengan keistimewaannya. Kamu bisa beli di ASUS Online Store.

Biar lebih jelas, baca saja spec lengkap ASUS Zenbook DUO UX8406, di sini:


Ingin produk/website Anda kami ulas? Silahkan klik tombol dibawah ini


Tinggalkan komentar