7 Cara Efektif Usir Tikus dari dalam Rumah

Keberadaan tikus di rumah tentu sangat mengganggu dan meresahkan. Karena hewan pengerat tersebut seringkali menjadi permasalahan di dalam rumah, seperti menimbulkan kerusakan pada properti Anda. Selain itu, tikus juga bisa membawa resiko penyebaran penyakit. Oleh karena itu, penting untuk mengetahui cara mengusir tikus dari rumah Anda secara efektif. 

Berikut ini beberapa cara untuk mengusir tikus di rumah yang dapat Anda coba, agar rumah Anda terhindar dari tikus.

1. Pemeliharaan Kebersihan

Langkah pertama yang harus diambil untuk mengusir tikus adalah menjaga kebersihan rumah Anda. Pastikan bahwa tidak ada makanan yang tumpah di lantai atau tersisa di tempat sampah terbuka. Makanan sebaiknya disimpan dalam wadah kedap udara. Selalu bersihkan sisa-sisa makanan yang jatuh ke lantai dan hindari penumpukan sampah yang dapat menarik perhatian tikus.

2. Perbaiki Kerusakan Struktural

Tikus memiliki kemampuan untuk masuk ke dalam rumah melalui celah-celah kecil atau kerusakan pada struktur bangunan. Telitilah rumah Anda untuk mencari celah atau lubang kecil yang mungkin digunakan tikus sebagai jalur masuk. Pastikan untuk menutup rapat lubang-lubang ini, termasuk di sekitar pipa, kabel, dan ventilasi. Jangan lupa memeriksa apakah pintu dan jendela sudah rapat, dan pastikan tidak ada celah yang cukup besar bagi tikus untuk masuk.

3. Penggunaan Perangkap Tikus

Perangkap tikus adalah metode yang efektif untuk menangkap tikus yang sudah ada di dalam rumah Anda. Ada dua jenis perangkap yang dapat digunakan: perangkap berbasis umpan dan perangkap beracun. Letakkan perangkap di area yang sering dilalui oleh tikus, seperti sudut-sudut ruangan atau di dekat tanda-tanda aktivitas tikus, seperti tinja atau jejak kaki.

Artikel Terkait  Mencegah Stretch Marks

4. Penggunaan Umpan Beracun

Jika infestasi tikus di rumah Anda sangat parah, Anda mungkin harus menggunakan umpan beracun. Namun, sangat penting untuk berhati-hati dalam penggunaan umpan beracun, terutama jika ada hewan peliharaan atau anak-anak di rumah. Pastikan umpan beracun ditempatkan di tempat yang tidak dapat dijangkau oleh orang lain selain tikus.

5. Menggunakan Repelan Tikus

Repelan tikus adalah produk yang dirancang khusus untuk mengusir tikus dari rumah Anda. Ada berbagai jenis repelan tikus yang tersedia di pasaran, termasuk repelan berbasis bau, suara, atau elektromagnetik. Beberapa produk repelan tikus juga menggabungkan beberapa metode ini. Pilih repelan tikus yang sesuai dengan preferensi Anda dan tempatkan di area yang sering dilalui tikus.

6. Minyak Esensial

Minyak esensial tertentu, seperti minyak peppermint, diketahui dapat mengusir tikus. Cukup teteskan beberapa tetes minyak peppermint pada bola kapas dan letakkan di dekat pintu masuk tikus atau area yang sering dilalui oleh tikus. Aroma dari minyak peppermint akan membuat tikus merasa tidak nyaman dan menghindari rumah Anda.

7. Konsultasikan dengan Profesional

Jika upaya Anda untuk mengusir tikus dari rumah tidak berhasil atau masalah tikus terus berlanjut, lebih baik berkonsultasi dengan ahli pengendalian hama profesional. Mereka dapat memberikan solusi yang lebih kuat dan efektif untuk menangani masalah tikus secara menyeluruh.

Itulah 7 cara untuk mengusir tikus dari rumah yang bisa Anda coba lakukan.

Mengusir tikus dari rumah memerlukan kesabaran dan konsistensi. Terkadang, perlu beberapa metode yang berbeda untuk mencapai hasil yang diinginkan. Namun, yang paling penting adalah melakukan langkah-langkah pencegahan untuk mencegah tikus masuk ke dalam rumah Anda. Dengan menjaga kebersihan dan merawat struktur rumah dengan baik, Anda dapat menghindari masalah tikus di masa mendatang. ***


Ingin produk/website Anda kami ulas? Silahkan klik tombol dibawah ini


Tinggalkan komentar