Bisa Gak Sih Mengatasi Masalah Jerawat Hanya Dengan Satu Produk?

Berbicara soal masalah kulit wajah pada wanita, pasti masalah pertama yang disebutkan adalah JERAWAT. Jerawat yang muncul dikulit wajah, apalagi yang meradang pasti akan menimbulkan rasa sakit. Hal ini tentunya menjadi salah satu masalah kulit yang bisa membuat frustasi. Apalagi ketika jerawat tersebut tidak mudah hilang. Belum lagi bopeng bekas jerawat juga menjadi masalah baru yang sulit untuk dihilangkan. Sudah berbagai cara dilakukan untuk menyingkirkannya namun tidak ada hasilnya juga. Meskipun pada umumnya jerawat diakibatkan oleh masalah kebersihan kulit dan ketidakseimbangan hormon, bukan berarti semua jerawat bisa ditangani dengan penanganan yang sama. 


Berurusan dengan jerawat memang harus berhati-hati. Jadi, kita harus mengetahui hal apa saja yang membuat jerawat semakin parah. Selain itu, kita juga seringkali kurang memperhatikan rutinitas perawatan kulit dan pola makan yang sehat. Jadi tak heran jika masalah jerawat bisa muncul kapan saja. Lalu, apa yang harus kita lakukan untuk menangani masalah kulit ini? Sebelum ke penanganan, baiknya kita kenalan dulu yuk dengan jerawat, karena dia pun banyak jenisnya.

Whitehead (Komedo tertutup)

Jerawat jenis ini dipengaruhi beberapa faktor, namun yang paling umum disebabkan oleh minyak, sel kulit mati dan perubahan hormonal. Jerawat jenis ini terjadi ketika lapisan tipis kulit menutupi pori-pori dengan sel kulit mati yang menciptakan gumpalan bulat putih pada kulit. Cara terbaik untuk mengatasi whitehead adalah menjaga area disekitarnya bebas dari bakteri dan sel kulit mati dengan cara mencuci wajah dipagi dan malam hari dengan pembersih wajah yang mengandung salisilat dan asam glikolat. Rata-rata whitehead secara alami hilang dalam waktu satu hingga dua minggu.

2-min

Blackhead (Komedo terbuka)

Blackhead atau komedo terbuka adalah benjolan kecil berwarna hitam dipermukaan kulit wajah yang sering muncul di area hidung. Komedo ini terjadi ketika pori-pori tersumbat oleh kombinasi sebum dan sel kulit mati. Pada blackhead, bagian atas pori tetap terbuka, meskipun sisanya tersumbat. Ini menghasilkan wajah berwarna hitam yang terlihat dipermukaan. Blackhead tidak menimbulkan rasa sakit atau kemerahan dikulit seperti jerawat pada umumnya. Blackhead atau komedo terbuka ini juga sering disebut sebagai jerawat ringan karena tidak menyebabkan peradangan.

Pustula

Pustula adalah jenis jerawat berupa benjolan yang lebih besar dan lunak. Bagian dasarnya berwarna kemerahan, sementara puncaknya berwarna putih atau kekuningan dan tampak lebih terangkat karena terisi nanah. Pustula muncul karena bakteri yang menginfeksi sumbatan pori-pori tersebut. Pustula juga dapat terbentuk ketika dinding disekitar pori-pori kamu rusak. Tidak seperti papula, pustula diisi dengan nanah. Benjolan ini keluar dari kulit dan biasanya berwarna merah. Jenis jerawat ini sering memiliki kepala kuning atau putih diatasnya.

3-min

Papula

Papula adalah jenis jerawat yang muncul dibawah permukaan kulit dan jika diraba akan terasa seperti tonjolan padat yang terasa nyeri. Kulit disekitar tonjolannya tampak bengkak kemerahan. Namun, jerawat papula tidak memiliki titik nanah pada puncaknya. Papula terjadi ketika dinding disekitar pori-pori kamu rusak karena peradangan parah. Jerawat ini menghasilkan pori-pori keras dan tersumbat namun empuk saat disentuh. Kulit disekitar pori-pori ini biasanya berwarna merah muda. Itu kenapa papula sering juga disebut jenis jerawat inflamasi.

Jerawat Kistik (Jerawat Batu)

Jerawat kistik alias jerawat batu terbentuk jauh di lapisan kulit yang lebih dalam. Jerawat batu dapat berkembang ketika pori-pori tersumbat oleh kombinasi bakteri, sebum, dan sel kulit mati. Akibatnya, muncul benjolan merah besar, bertekstur lunak karena berisi bernanah, yang terasa sakit ketika tersentuh. Benjolan merah atau putih yang besar ini sering terasa sakit saat disentuh. Jerawat batu adalah bentuk jerawat terbesar, dan pembentukannya biasanya akibat infeksi parah. Jerawat jenis ini juga paling mungkin untuk bekas luka.

Jerawat Nodul

Nodul terjadi ketika pori-pori yang tersumbat dan membengkak mengalami iritasi lebih lanjut dan tumbuh lebih besar. Nodul adalah jenis jerawat mengalami inflamasi yang terbentuk dibawah kulit dan bisa menimbulkan rasa sakit. Tidak seperti pustula dan papula, nodul lebih dalam dibawah kulit. Karena nodul begitu dalam tumbuhnya didalam kulit, biasanya tidak bisa disembuhkan dirumah. Resep dari dokter sangat diperlukan untuk membantu membersihkannya. Setelah benjolan mengempis, biasanya akan muncul bekas jerawat yang berwarna gelap.