Bukan Main, Ternyata
ini 3 Jenis Flek Hitam Yang Sangat Mengganggu Penampilan ūüôĀ

Sebelum mengetahui jenis-jenisnya, ini penyebab timbulnya flek hitam menurut Dr.Chevy Isramirata, seorang dokter konsultasi estetika. Umumnya flek hitam muncul karena lapisan ozon yang semakin menipis, munculnya flek hitam di bagian wajah adalah dampak dari pancaran ultraviolet yang mengenai kulit terutama pada bagian wajah.

Tak hanya pancaran sinar matahari saja yang menjadi penyebab flek hitam, pengaruh lingkungan seperti asap kendaraan, penerapan pola makan yang buruk, gaya hidup tidak sehat serta penggunaan Skincare & kosmetik yang berlebihan akan menjadi penyebab munculnya flek hitam. Hati-hati memilih kosmetik, pastikan menggunakan skincare & kosmetik yang menggunakan bahan-bahan yang sudah teruji BPOM.

Jika Anda memiliki flek hitam di wajah dan bermaksud menghilangkannya, coba kenali jenis dan penyebabnya. Setidaknya, ada 3 macam flek hitam di wajah, yaitu :

 1. Lentigo

Lentigo 90% terjadi pada orang yang berusia di atas 60 tahun, tetapi bisa juga terjadi pada pria maupun wanita usia muda karena paparan matahari. Bintik-bintik lentigo tampak menyebar dan tidak ada pola tertentu. Jika Anda cenderung mendapatkan paparan sinar matahari tinggi dan Anda tidak memakai banyak tabir surya, Anda mungkin memiliki lentigo.

2. Melasma

Merupakan jenis flek hitam yang disebabkan oleh fluktuasi hormonal. Melasma dapat terjadi pada wanita ketika mengalami fluktuasi hormon seperti selama kehamilan atau menopause.

Penggunaan Alat KB juga menjadi penyebab timbulnya melasma, karena Alat KB menstimulus hormone melanin yang menyebabkan timbulnya flek hitam secara terus menerus. Jenis flek hitam ini yang paling banyak dialami oleh wanita di Indonesia, terlebih wanita yang sudah menikah usia 25-55 tahun.

Melasma karena hal-hal tersebut di atas mungkin sulit untuk diobati. Tapi bisa hilang dengan perawatan dengan skincare yang tepat.

‚Äč3. Hiperpigmentasi Pasca Inflamasi (HPI)‚Äč

Merupakan flek hitam yang terjadi akibat trauma pada kulit yang dapat disebabkan oleh psoriasis (penyakit kulit yang ditandai oleh adanya bercak-bercak gelap), luka bakar, jerawat, dan perawatan dengan skincare & kosmetik tertentu yang bersifat keras pada kulit. Dibanding dengan 2 jenis flek hitam yang lainnya, Hiperpigmentasi cukup mudah diobati tentunya dengan perawatan yang tepat. 

Tenang kamu tidak sendirian, menurut Dr.Inneke Jane .SpKk setidaknya ada 80% wanita di Indonesia yang mengalami flek hitam, baik dari yang ringan hingga berat fleknya. Tidak jarang kita bingung gimana cara menghilangkan flek hitam di wajah yang membandel ini.

Selain bentuk tubuh, yang membuat perempuan tidak PD (percaya diri) adalah wajah yang bermasalah. Flek hitam sangat mengganggu penampilan sehari-hari, bikin jadi kurang PD (percaya diri) ketika bertemu orang terutama lawan jenis. Menjadi¬†‚Äúburuk rupa‚Ä̬†dengan flek hitam diantara teman-teman yang mempunyai wajah yang cantik juga bikin¬†MINDER/MALU¬†ketika lagi kumpul bareng. Sedih rasanya punya wajah yang gak mulus sendirian. Apalagi kalo udah disindir-sindir gitu, duh sakitnya.

Terlebih lagi, jika flek hitam tidak segera diatasi hingga tahunan bisa berpotensi timbulnya kanker kulit yang merepotkan. Biaya penyembuhannya gak sedikit loh. Flek hitam diatas hanya bisa diatasi dan dihilangkan dengan perawatan yang tepat. 

Berikut ini 4 cara yang bisa kamu lakukan untuk menyikat habis flek hitam diwajahmu ! 1 dari 4 cara diantaranya bisa bikin wajah glowing sekaligus :