Jangan Tergiur Hasil Instan, Waspadai Skincare ilegal Ini !

Berbicara tentang penampilan wanita, tidak lepas dari kosmetik ataupun skincare. Lalu bagaimana cara kamu memilih produk kecantikan atau skincare yang baik ?

Tak heran dimanapun, kapanpun wanita sempatkan merias diri. Sentuhan kosmetik maksimalkan penampilan. Namun, selain kosmetik yang membuat wanita cantik dengan polesan-polesannya, Skincarelah yang memiliki peran penting dibalik kecantikan para Beauty Enthusiast. Karena permintaan makin banyak, perkembangan skincare di Indonesia kian pesat. Pemerannya, bukan lagi dari industri raksasa, namun juga mereka yang dari industri kecil. Maraknya produsen kosmetik dan skincare di Indonesia membuat BPOM kecolongan dengan skincare yang menjanjikan hasil instan dengan berbahan dasar BERBAHAYA.

Peningkatan kebutuhan skincare diiringi kebutuhan akan keamanan bahan dasarnya. Tak sekedar aman, skincarepun kini dituntut sehat dan halal. Namun, skincare yang beredar dipasaran tak semuanya penuhi kriteria ini. Tak sampai 2 persen dari skincare yang beredar tak memiliki sertifikat BPOM.

Tidak peduli dengan efek bahaya yang akan digunakan konsumen, yang terpenting bagi produsen adalah meraup keuntungan besar dari berlabel “halal” tapi “abal”. Didukung dengan kemajuan teknologi berbagai akses dalam penjualan secara online, membuat para pemain semakin mudah berjualan dengan bebas.

Aku mau share beberapa produk skincare yang tidak aman untuk kesehatan dan tentunya jika sudah tidak aman, berarti tidak terdaftar di BPOM juga.  Jenis skincare & kosmetik ini yang mengangdung zat berbahaya :

 

  1. BEAUTY G Day Cream

  2. LIXIAO Night Cream

  3. Rose Night Cream

  4. D’SWISS Night Cream

  5. L’COME Day Cream

  6. LA WIDYA COLLAGEN Day

  7. LABITHA Night Cream

  8. KOREAN WIDYA Night Cream

  9. Whitening Treatment Night Cream

  10. LIE CHE Day Cream/Whitening Soap

  11. LIEN HUAN Day/Night Cream

  12. Walet Day/Night Cream

  13. SP Special UV Whitening

  14. Special Pearl Cream Super

  15. Pemutih Sejuta Bintang

  16. Day/Night Cream SJ Sin Jung

  17. VAYALA Night/Day Cream, Sabun Transparan

  18. Klip 80’s Day/Night Cream

  19. Temulawak Two Way Cake

  20. Collagen Plus

  21. HN Night Cream

  22. Helwa Night Cream

  23. ADHA Skincare

  24. BEBWHITEC/Night Cream

  25. KLT Skincare/Night Cream

  26. Ic_Beauty/Night Cream

  27. Daviena Skincare/Night Cream

3 Kandungan berbahaya pada skincare yang harus kamu waspadai:

 1. Timbal (Pb)

Pb atau timbal merupakan bahan yang dilarang digunakan pada sediaan kosmetika. Pada anak-anak, timbal dapat menyebabkan kerusakan permanen pada otak dan sistem syaraf dan memicu problem dalam tingkah laku dan belajar, menurunkan IQ dan pendengaran, menghambat pertumbuhan dan menyebabkan anemia.

Sedangkan pada dewasa, timbal dapat menyebabkan gangguan sistem syaraf pusat, kardiovaskuler (meningkatkan tekanan darah dan hipertensi) dan menurunkan fungsi ginjal. Namun demikian, sebagai cemaran, timbal (Pb) dibatasi dalam kosmetika dengan kadar maksimal 20 ppm.

2. Hidrokinon

Zat ini tidak boleh digunakan untuk kulit dan rambut, hanya boleh untuk pengeras kuku. Namun hidrokinon sering disalahgunakan pada krim atau lotion pemutih kulit.

Hidrokinon adalah zat reduktor yang mudah larut dalam air. Kemampuan hidokinon untuk menghambat pembentukan melanin (zat pigmen kulit) membuat bahan tersebut digunakan sebagai pencerah kulit (skin lightening) yang populer.

Namun pengguna hidrokinon dalam jangka panjang dan dosis tinggi dapat dapat menyebabkan hiperpigmentasi terutama pada derah kulit yang terkena sinar matahari langsung dan dapat menimbulkan ochronosis (kulit berwarna kehitaman).

3. Merkuri (Hg)

Merkuri sering disalahgunakan pada krim/lotion pemutih kulit. Merkuri merupakan logam berat yang berbahaya, yang dalam konsentrasi kecil pun dapat bersifat racun.

Pemakaian merkuri dapat menimbulkan berbagai hal mulai dari perubahan warna kulit yang akhirnya dapat menyebabkan bintik-bintik hitam pada kulit, alergi, iritasi kulit, kerusakan permanen pada susunan saraf otak, ginjal dan gangguan perkembangan janin (teratogenik). Paparan jangka pendek dalam dosis tinggi menyebabkan diare, muntah-muntah dan kerusakan ginjal. Merkuri juga merupakan zat karsinogenik (menyebabkan kanker).

Meskipun skincare yang mengandung 3 zat itu memberikan hasil yang luar biasa, hasil yang cepat dan instan namun ada dampak, efek jangka panjang yang timbul.

iya, 3 zat berbahaya itu menimbulkan efek ketergantungan, jika tidak digunakan lagi maka wajah atau kulit kita akan bereaksi. Biasanya wajah akan kembali ke kondisi awal, bahkan lebih parah, menghitam, muncul jerawat yang  besar, bernanah, dan gatal. Bahkan ada yang lebih parah dari itu hingga menimbulkan kematian. Penasaran apa saja penyakit yang bisa timbul karena skincare yang mengandung zat berbahaya ? Cari tau dibawah ini…