Catat, Ini 5 Tips Cerdas Melakukan Self Reward

Bentuk self reward

Memberi penghargaan atau apresiasi kepada diri sendiri merupakan sebuah hal yang sangat penting untuk dilakukan. Penghargaan kepada diri sendiri atau self reward merupakan bentuk apresiasi atas hasil kerja keras yang sudah dilakukan. Ini juga merupakan salah satu bentuk self love yang sangat penting untuk memberi rasa bahagia dan menurunkan risiko stres. 

Tips Memberi Self Reward

Namun, perlu diketahui bahwa penghargaan kepada diri sendiri ini tidak boleh diberikan asal-asalan. Banyak orang akhirnya mengeluarkan terlalu banyak biaya dan malah jadi boros karena ingin memberi reward kepada diri sendiri. Berikut ini adalah 5 tips cerdas yang bisa Kawan Cantik lakukan saat ingin memberikan reward sebagai bentuk self love:

1. Siapkan Bujet Khusus

Kawan Cantik seharusnya sudah menyiapkan bujet khusus untuk memberikan reward ini. Tentu akan dibutuhkan biaya jika memang ingin memberi reward, apalagi jika hadiah yang diberikan bernilai cukup besar. Sangat disarankan untuk menyediakan bujet khusus dengan nominal tertentu sesuai kebutuhan. 

Hindari mengambil uang seenaknya tanpa perhitungan hanya dengan alasan self reward. Salah langkah justru bisa membuat keuangan Kawan Cantik jadi berantakan. Jadi, lebih baik memang sudah disiapkan bujet atau anggaran khusus sejak awal sehingga tak perlu mengganggu finansial pribadi. 

2. Lakukan Hal yang Positif

Ada banyak cara yang bisa dilakukan untuk memberi apresiasi pada diri sendiri. Salah satunya dengan meluangkan waktu melakukan hal-hal yang disukai. Memang apresiasi diri sendiri ini tidak harus dalam bentuk benda namun bisa juga dalam bentuk kesempatan untuk melakukan kegiatan tertentu. Jika memang ingin melakukan sesuatu, pastikan bahwa hal tersebut bersifat positif dan bermanfaat. 

Lakukan hal yang membuat Kawan Cantik merasa senang tapi juga memberi manfaat. Misalnya seperti membaca buku, menonton film, berkebun, dan lain sebagainya. Tak harus melakukan hal-hal dengan biaya mahal, cari saja aktivitas gratis yang bisa membuat Kawan Cantik senang. 

Artikel Terkait  Mau Jadi Wanita Karir? Ini Tipsnya

3. Jangan Terpengaruh Gengsi

Hindari memberi reward kepada diri sendiri karena alasan gengsi. Bahkan sampai memilih jenis reward yang mahal karena gengsi dan ingin dipandang lebih oleh orang lain. Pilihlah hadiah atau bentuk apresiasi sesuai kebutuhan dan kondisi Kawan Cantik sendiri. Jangan memikirkan gengsi atau pengakuan dari orang lain karena bagaimanapun juga reward ini dinikmati oleh diri sendiri. 

4. Tekan Biaya Seoptimal Mungkin

Jika bisa, tekan biaya seoptimal mungkin. Reward untuk diri sendiri tak harus mahal, kok! Kawan Cantik bisa menikmati reward dengan hati bahagia tanpa harus keluar modal yang besar. Misalnya dengan mencoba hal-hal gratis, membeli barang yang baru promo, dan lain sebagainya. Jika bisa dihemat maka kenapa harus buang-buang uang untuk reward diri sendiri? 

5. Utamakan Kebutuhan di Atas Keinginan

Saat ingin memberi apresiasi kepada diri sendiri, cobalah untuk memahami dulu apa yang Kawan Cantik butuhkan. Letakkan kebutuhan sebagai prioritas di atas keinginan. Jangan memberi sesuatu yang Kawan Cantik inginkan tapi harus yang dibutuhkan. Cara ini akan membuat hadiah tersebut jadi lebih bermakna dan benar-benar bisa dimanfaatkan secara optimal. 

Self reward memang penting untuk dilakukan. Langkah ini akan membantu seseorang tetap merasa bahagia di tengah kesibukan yang padat. Selain itu, hal ini juga bisa membuat Kawan Cantik semakin termotivasi untuk bekerja dan berusaha lebih baik lagi di masa depan. Jangan lupa, tentukan juga target apa yang ingin Kawan Cantik capai hingga layak untuk menerima reward tersebut!


Ingin produk/website Anda kami ulas? Silahkan klik tombol dibawah ini


Tinggalkan komentar